Pencarian populer

Sirkuit Formula E Akan Berlokasi di Jakarta Pusat

Suasana di sirkuit Formula E. Foto: Dok. Istimewa

Sejarah akan tercipta usai ditunjuknya Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2020. Ibu Kota pun akan tercatat sebagai kota kedua di Asia Tenggara yang menyelenggarakan Formula E setelah Putrajaya, Malaysia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Formula E akan diadakan pada pertengahan tahun depan. Keputusan ditunjuknya Jakarta sebagai tuan rumah terjadi setelah ia melakukan negosiasi dengan Federasi Otomotif Internasional (FIA) di Brooklyn, New York.

Selama tiga bulan lamanya, lanjut Anies, pihaknya telah bertemu dengan perwakilan FIA untuk membahas Formula E mengaspal di Ibu Kota. Tak hanya itu, Anies menyatakan tim dari Formula E juga sudah datang ke Jakarta untuk melakukan uji lapangan pada 8-9 Juli lalu. Puncaknya, pertemuan terjadi pada 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula E.

Suasana pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan penyelenggara Formula E. Foto: Dok. Istimewa

"Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula E yang juga legenda dunia balap mobil. Di ujungnya kami bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan," ucap Anies.

Lantas, di mana balapan jet darat ini akan mengaspal?

Formula E merupakan kejuaraan bergengsi balap mobil kedua setelah F1. Berbeda dengan F1, Formula E mesin bertenaga listrik serta diadakan di sirkuit jalan raya. Beberapa negara tercatat pernah menjadi tuan rumah dari Formula E di antaranya Sirkuit Jalan Raya Paris (Prancis), Sirkuit Jalan Raya Berlin (Jerman), Sirkuit Jalan Raya Brooklyn (Amerika Serikat), dan Sirkuit Jalan Raya Montreal (Kanada).

Suasana di sirkuit Formula E. Foto: Dok. Istimewa

Dari keterangan yang dihimpun kumparan, Minggu (14/7/2019), sirkuit Formula E akan berlokasi di Jakarta Pusat. Jalan-jalan raya di wilayah tersebut nantinya bakal disulap menjadi sirkuit bagi 24 pebalap guna bertarung menuju garis finis terdepan.

Pada musim 2019/20, sebanyak 12 negara menjadi tuan rumah yakni Arab Saudi, Chile, Meksiko, Hong Kong, China, Italia, Paris, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris, sementara satu negara sisanya masih belum ditentukan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57