Pencarian populer

Stefan Bradl Gantikan Jorge Lorenzo di MotoGP Jerman

Stefan Bradl saat menjalani wawancara. Foto: Anju Christian P. Silaban/kumparan
Teka-teki akan seperti apa skuat Repsol Honda di MotoGP Jerman 2019 terjawab. Pada Selasa (2/7/2019), Repsol Honda mengumumkan bahwa Stefan Bradl akan menggantikan Jorge Lorenzo turun lintasan di seri kesembilan MotoGP 2019.
ADVERTISEMENT
Yang menjadi latar belakang keputusan ini adalah cedera tulang belakang yang dialami Lorenzo akibat kecelakaan di FP1 GP Belanda. Crash terjadi pada sisa lima menit sesi saat Lorenzo tengah memasuki tikungan ketujuh Sirkuit Assen. Pebalap berjuluk X-Fuera tersebut kehilangan kendali atas motor RC123V-nya, lalu terlempar dan terguling-guling di gravel.
Lorenzo terlihat masih bisa berjalan pasca-kecelakaan, kendati akhirnya dilarikan ke ruang perawatan menggunakan ambulans. Untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, Lorenzo kemudian dilarikan ke rumah sakit Groningen.
Stefan Bradl di GP Republik Ceko 2018. Foto: Michal CIZEK / AFP
Membalap di Sirkuit Sachsenring akan selalu menjadi pengalaman spesial bagi Bradl. Baginya, ini akan sama seperti membalap di rumah sendiri. Berhitung mundur, Bradl sudah empat membalap di Sirkuit Sachsenring sejak kariernya sebagai pebalap MotoGP pada 2012 hingga 2016. Capaian terbaiknya di 2013 ketika menutup balapan di posisi keempat.
ADVERTISEMENT
"Saya sangat bersemangat bisa bergabung dengan Repsol Honda di Jerman. Ini adalah balapan yang sangat spesial karena merupakan home race saya. Yang pasti, saya sangat bersyukur untuk kesempatan ini,"jelas Bradl, dikutip dari laman resmi MotoGP.
"Meski demikian, saya turut prihatin atas apa yang terjadi pada Lorenzo. Saya berharap ia cepat pulih dan kembali turun lintasan dengan kekuatan prima. Saya sangat senang karena bisa membantu, jadi kita lihat saja nanti hasilnya bakal seperti ini," jelas Bradl.
Musim lalu, Bradl turun lintasan sebanyak lima kali. Dua berstatus wild card di GP Republik Ceko dan GP San Marino, satu sebagai pengganti Franco Morbidelli di Sirkuit Sachsenring, serta dua kali menggantikan Cal Crutchlow di GP Malaysia dan GP Valencia.
ADVERTISEMENT
Dalam rangkaian balapan tersebut, Bradl cuma mampu mengumpulkan 10 poin, buah dari retired di GP Republik Ceko dan GP San Marino. Bradl juga turun lintasan di GP Spanyol 2019 dan finis di posisi 10.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80