Pencarian populer

Susunan Pebalap Sementara MotoGP 2019

Balapan MotoGP di Sirkuit Losail. (Foto: Karim JAAFAR / AFP)

Gelaran MotoGP 2019 bakal menjadi tanda dari berakhirnya sebuah era karena Dani Pedrosa memutuskan pensiun setelah musim 2018 rampung. Namun, balapan motor kelas primer ini akan menghadirkan kisah baru musim depan dengan masuknya beberapa rookie dan para pebalap yang pindah tim.

Yang paling menghebohkan tentu saja keputusan Repsol Honda menggaet Jorge Lorenzo sebagai pengganti Pedrosa. Hadirnya pebalap yang memiliki tiga gelar juara dunia MotoGP tersebut sebagai tandem anyar Marc Marquez, makin membuat materi riders Honda mentereng.

Nah, sebagai pengganti Lorenzo di tim Ducati telah dipilih Danilo Petrucci yang sebelumnya membela tim satelit Pramac Ducati. Keberadaan Petrucci membikin nuansa Italia begitu kental di Ducati karena Andrea Dovizioso sebagai rekannya sama-sama berasal 'Negeri Pizza'.

Untuk mengisi kekosongan dari perginya Petrucci, Pramac telah menjatuhkan pilihannya kepada Francesco Bagnaia yang merupakan juara dari ajang Moto2 2018. Bagnaia nantinya akan menjadi rekan setim Jack Miller.

Perubahan juga terjadi di tim Suzuki Ecstar yang menggaet rookie Joan Mir sebagai tandem anyar Alex Rins. Keputusan ini diambil lantaran Andrea Iannone memilih pergi ke tim Aprilia Gresini untuk menggantikan Scott Reading dan jadi rekan baru dari Aleix Espargaro.

MotoGP musim 2019 juga akan menandai lahirnya kerja sama baru dari beberapa tim. Misalnya Tech 3 yang memutuskan bergabung dengan KTM untuk membentuk tim satelit Red Bull KTM Tech 3. Sebagai pebalapnya dipilih Hafizh Syahrin dan rookie Miguel Oliviera.

Dua pebalap Tech3, Zarco dan Hafizh. (Foto: Twitter: Yamaha Tech3)

Keputusan Tech 3 untuk cerai dari Yamaha juga membuka jalan buat Johann Zarco naik kelas ke tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing. Sosok asal Prancis tersebut akan menjadi tandem dari Pol Espargaro.

Selain Tech 3, tim lain yang melakukan kerja sama baru adalah Marc VDS. Setelah menghentikan hubungan dengan Honda, VDS akan menggunakan mesin Yamaha dan mengganti namanya menjadi Petronas Yamaha SRT. Keputusan ini memakan korban dengan tidak diperpanjangnya kontrak Thomas Luthi dan SRT lebih memilih Franco Morbidelli serta rookie Fabio Quartararo sebagai pebalapnya.

Sementara itu, Yamaha yang tidak lagi disponsori oleh Movistar kembali berganti nama jadi Yamaha Factory Racing. Tapi, mereka tetap menggunakan jasa Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Khusus Rossi, MotoGP 2019 akan menjadi musim ke-19 pebalap berjuluk The Doctor itu di kelas balap primer.

Namun, ada sedikit perubahan yang dilakukan oleh Vinales untuk mengarungi musim anyar nanti. Setelah identik dengan nomor balap 25, pebalap asal Spanyol itu menggantinya dengan nomor 12. Alasan di balik keputusan ini karena hari ulang tahunnya jatuh pada 12 Januari.

Pebalap Yamaha, Rossi dan Vinales. (Foto: PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Selebihnya, tidak ada perubahan yang dilakukan oleh tim lain seperti LCR Honda yang tetap mempertahankan Takaaki Nakagami dan Cal Crutchlow. Susunan pebalap ini belum final dan sewaktu-waktu bisa berubah karena MotoGP 2018 masih akan menghelat seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Minggu (18/11/2018) malam WIB.

Berikut susunan sementara pebalap MotoGP untuk musim 2019:

Honda: Marc Marquez, Jorge Lorenzo

Ducati: Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci

Yamaha: Maverick Vinales, Valentino Rossi

Suzuki: Alex Rins, Joan Mir

KTM: Johann Zarco, Pol Espargaro

Aprilia: Andrea Iannone, Aleix Espargaro

LCR Honda: Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami

KTM Tech3: Hafizh Syahrin, Miguel Oliveira

Pramac Ducati: Jack Miller, Francesco Bagnaia

Avintia Ducati: Karel Abraham, Tito Rabat

Yamaha SRT: Fabio Quartararo, Franco Morbidelli.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: