Pencarian populer

Takluk dari Grizzlies, Peluang Lakers Tembus Playoff Makin Minim

Duel antara Memphis Grizzlies dan Los Angeles Lakers Foto: Justin Ford-USA TODAY Sports

Asa Los Angeles (LA) Lakers untuk lolos ke playoff NBA musim ini semakin minim akibat menelan kekalahan dari Memphis Grizzlies dengan skor 105-110 pada Selasa (26/2/2019). Kekalahan dari Grizzlies ini membuat Lakers sementara duduk di peringkat 11 klasemen NBA Wilayah Barat.

Bermain di FedExForum, kandang Grizzlies, Lakers pada dasarnya mampu menandingi permainan tuan rumah. Bisa dilihat dari skor akhir yang selisihnya tidak jauh. Kendati begitu, mental Lakers jelang akhir pertandingan inilah yang tampaknya membuat mereka kalah.

Ketika pertandingan hanya tersisa satu menit, LeBron James dan kawan-kawannya hanya tertinggal dua angka dari tuan rumah dengan skor 103-105. Namun, point guard andalan Grizzlies, Mike Conley, berhasil memasukkan tiga dari empat lemparan bebas yang ia dapatkan.

Di satu sisi, James malah melakukan turnover dengan menciptakan offensive foul, dan upayanya untuk menciptakan tembakan tiga angka gagal. Lakers pun kehilangan momentum dan hanya berhasil menciptakan dua angka tambahan, sementara lawannya berhasil mencetak lima poin.

Joakim Noah dan Josh Hart di laga Grizzlies vs Lakers Foto: Justin Ford-USA TODAY Sports

Performa James di pertandingan kali ini sebenarnya tidak buruk, tapi juga tidak luar biasa. Triple-double (24 poin, 12 rebound, dan 11 assist) berhasil ia catatkan. Kendati begitu, tak ada satu dari empat tembakan tiga angka ‘Sang Raja’ yang sukses di pertandingan ini. Selain itu, mantan penggawa Cleveland Cavaliers ini hanya mampu memasukkan delapan tembakan dari 23 upaya.

Yang bisa dibilang menjadi pemain terbaik Lakers pada pertandingan ini adalah Brandon Ingram. Small forward muda ini berhasil menciptakan 32 poin plus enam rebound. Tangan Ingram memang sedang wangi-wanginya mengingat 12 dari 18 tembakan berhasil ia ciptakan. Lebih dari itu, tiga tembakan tiga angka yang ia lakukan sukses 100%.

Sayangnya, upaya Ingram dan rekan-rekannya tak mampu menandingi tekad Conley dan Grizzlies untuk menang. Conley memang boleh dibilang menjadi bintang utama pada pertandingan ini. Selain berhasil membawa timnya menang, pemain berusia 31 tahun ini berhasil mencetak 30 poin ditambah lima assist.

Kekalahan dari Grizzlies ini menjadi kekalahan keempat dari lima pertandingan terakhir yang dilakoni Lakers. Mereka hanya meraih tiga kemenangan dari 10 pertandingan terakhir.

Akibatnya, seperti yang sudah disebutkan di awal, klub yang identik dengan warna kuning dan ungu ini terlempar ke posisi 11 klasemen Wilayah Barat dengan rekor 29 menang dan 31 kalah (29-31).

Tentu saja, Lakers butuh usaha lebih untuk kembali ke posisi delapan, posisi aman zona playoff. Pasalnya, tim yang berada di posisi delapan saat ini, San Antonio Spurs, memiliki persentase rekor di atas 50% dengan 33 menang dan 29 kalah (33-29).

Di bawah Spurs, masih ada Sacramento Kings dengan rekor 31 menang dan 29 kalah (31-29) dan Minnesota Timberwolves yang memiliki rekor identik dengan Lakers.

Lebron James berhadapan dengan Chandler PArsons Foto: Justin Ford-USA TODAY Sports

Pasca-kekalahan ini, James yang berhasil lolos ke final NBA delapan musim berturut-turut sebelum pindah ke Lakers, terlihat frustrasi. Ia mengkritik rekan setimnya yang tampak tak mampu mengatasi tekanan.

“Apabila kalian masih terpengaruh tekanan dan membiarkan itu mengganggu pemainan kalian, tim ini bukanlah tim yang tepat untuk kalian. Kalian lebih baik mengaku bahwa kalian tidak sanggup untuk menghadapi tantangan ini,” ujar James dikutip dari USA Today.

Bucks Kalahkan Bulls, Warriors Taklukkan Hornets

Berpindah ke pertandingan lain, Milwaukee Bucks yang tidak diperkuat pemain bintangnya, Giannis Antetokounmpo, mampu mengalahkan Chicago Bulls dengan skor 117-106. Antetokounmpo mesti absen karena cedera di lutut kanannya. Peran Antetokounmpo sebagai pendulang poin Bucks digantikan oleh Khris Middleton dan Malcolm Brogdon, yang masing-masing berhasil mencetak 22 angka.

Dari kubu Bulls, Lauri Markkanen dan Robin Lopez menjadi pencetak poin terbanyak. Dua big man ini masing-masing mencatatkan 26 poin, sementara Markkanen melengkapi performa bagusnya dengan 12 rebound.

Aksi Khris Middleton di laga melawan Chicago Bulls Foto: David Banks-USA TODAY Sports

Berpindah ke kota Charlotte, Golden State Warriors berhasil mencuri kemenangan atas Charlotte Hornets. Center anyar Warriors, DeMarcus Cousins, mampu mencetak 24 poin, poin terbanyaknya di musim ini.

Cousins melengkapi performa menawannya dengan tambahan 11 rebound. Kendati begitu, bukan Cousins, melainkan Klay Thompson yang menjadi pencetak angka terbanyak bagi Warriors dengan total 26 poin.

Menariknya, center kubu Hornets, Cody Zeller, juga tampil luar biasa. Zeller berhasil mengumpulkan 28 poin dan berhasil memasukkan 13 dari 14 tembakan yang ia buat. Bintang Hornets, Kemba Walker, mampu mencetak 23 angka. Namun, Walker hanya berhasil memasukkan sembilan dari 24 tembakan yang ia lakukan.

DeMarcus Cousins, Pemain Golden State Warriors Foto: Sam Sharpe-USA TODAY Sports

Hasil Pertandingan NBA, Selasa (26/2/2019)

Golden State Warriors vs Charlotte Hornets: 121-110

Portland Trail Blazers vs Cleveland Cavaliers: 123-110

Indiana Pacers vs Detroit Pistons: 109-113

San Antonio Spurs vs Brooklyn Nets: 85-101

Phoenix Suns vs Miami Heat: 124-121

Milwaukee Bucks vs Chicago Bulls: 117-106

Atlanta Hawks vs Houston Rockets: 111-119

Los Angeles Lakers vs Memphis Grizzlies: 105-110

Sacramento Kings vs Minnesota Timberwolves: 105-112

Philadelphia 76ers vs New Orleans Pelicans: 111-110

Dallas Mavericks vs Los Angeles Clippers: 112-121

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63