kumparan
26 Agu 2018 7:28 WIB

Tentang Minyak Karo dan Dukungan Ibu buat Anthony Ginting

Aksi pebulu tangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, di Asian Games 2018. (Foto: Antara/Nafielah Mahmudah)
"Gintiiiing... Gintiiing!!!" begitu teriakan para suporter di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (25/8/2018).
ADVERTISEMENT
Objek teriakan itu siapa lagi kalau bukan Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra Indonesia yang tengah menjadi kesayangan publik ini kembali mencuri hati orang-orang di Istora maupun di depan layar kaca.
Ya, di fase 16 besar nomor perorangan Asian Games 2018, Anthony mengalahkan andalan Jepang, Kento Momota, dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 21-18 selama 59 menit. Kesuksesan itu pun membuat Anthony dielu-elukan seisi Istora.
Bagaimana komentar sang pemain sendiri? Ditemui di mixed-zone usai bertanding, Anthony hanya tersipu malu. Sambil bercanda, ia mengatakan senang bisa mendapat dukungan penuh dari suporter Tanah Air, termasuk dukungan yang masif di media sosial.
"Tidak disuruh juga penonton pasti teriak (mendukung) kok, hahaha," kata Anthony ceria.
ADVERTISEMENT
"Yang pasti tadi lega, semua pasti mau menang. Sama Momota, saya sempat kalah di nomor beregu. Jadi senang banget bisa balas kekalahan," katanya mengimbuhkan.
Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting (Tengah) menahan cedera saat melawan pebulu tangkis tunggal putra Cina Cina Shi Yuqi, Rabu (22/8). (Foto: REUTERS/Beawiharta)
Adapun, nama Anthony melejit di final nomor beregu putra Asian Games 2018 pada Rabu (22/8). Saat itu, ia retired (mundur) kala melakoni partai pertama. Melawan Shi Yuqi, Anthony kram paha kiri di pengujung gim ketiga.
Namun, ia masih memaksakan berdiri hingga beberapa kali jatuh bangun di lapangan. Mundur 14-21, 23-21, dan 21-20, Anthony yang ditandu keluar pun masih mendapat aplaus meriah dari suporter.
Di 16 besar, cederanya masih membuat khawatir Lucia Sriati, sang Ibu. Menonton langsung di Istora, Lucia membawakan minyak urut karo untuk Thony --panggilan sang anak.
ADVERTISEMENT
Ditemui kumparanSPORT, yang kebetulan bisa duduk di sampingnya, Lucia berujar menitipkan minyak itu kepada Jonatan Christie untuk diberikan ke Anthony karena tak bisa bertemu langsung sebelum bertanding.
Lucia Sriati (tengah) Ibu Anthony Sinisuka. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Lewat pesan WhatsApp, Lucia pun berpesan kepada sang anak agar memakai minyak itu, meski Thony disebut tidak suka dengan baunya. Pada akhirnya, tak ada kendala selama laga dan kemenangan lawan Momota pun mampu membuat mata Lucia berkaca-kaca.
Apa kata Anthony?
"Pastinya senang, orang tua sudah jauh-jauh datang. Cari tiketnya susah, butuh perjuangan juga. Jadi mungkin ini kado untuk mereka," ucap Anthony.
Di babak perempatfinal, Minggu (26/8), Anthony bakal melawan wakil China, Chen Long. Untuk persiapan, juara Indonesia Masters 2018 itu berujar akan beristirahat dan fokus menjaga fisiknya. Semangat, Ginting!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan