kumparan
16 Des 2017 15:30 WIB

Usai Bertarung Tiga Gim, Marcus/Kevin Lolos ke Final

Marcus/Kevin di Jepang Terbuka. (Foto: AFP/Toru Yamanaka)
Laga Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di semifinal Dubai World Super Series Finals 2017 tidak mudah meski pada akhirnya menang atas pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, dengan skor 21-10, 18-21, dan 21-16.
ADVERTISEMENT
Tiga gim harus dilakoni Marcus/Kevin yang masih kukuh sebagai peringkat satu dunia itu saat berhadapan dengan Kamura/Sonoda yang merupakan ganda putra peringkat lima, Sabtu (16/12) siang WIB.
Membuka gim di Hamdan Sports Complex, poin pertama di sendiri direbut oleh "Minions" —julukan Marcus/Kevin. Selanjutnya, ritme permainan cepat mampu dikuasai keduanya hingga Indonesia unggul 9-5.
Angin pun masih berpihak kepada Marcus/Kevin yang dengan mudah menambah poin-poin lewat pukulan keras hingga keunggulan menjadi 16-8.
Selanjutnya, meski Kamura/Sonoda terus melawan, "Minions" menjaga momentum hingga keunggulan berhasil dipertahankan dan game poin didapat dengan angka 20-10.
Smes! Pukulan terakhir Marcus yang masuk ke dalam lapangan pun mampu menutup gim pertama selama 13 menit dengan kemenangan telak Indonesia 21-10 atas Jepang.
ADVERTISEMENT
Lanjut ke gim kedua, pertandingan berlangsung lebih sengit. Kedua ganda andal itu saling susul mencuri poin, tercatat skor imbang 5-5, 6-6, hingga 7-7.
Sejurus kemudian, "Minions" tertinggal 9-10 dan pengembalian Kevin yang gagal membuat Indonesia tertinggal 9-11 di interval laga. Mimpi buruk pun mulai terasa saat Kamura/Sonoda mengubah kedudukan 10-16 bagi keunggulan Jepang.
Teriakan suporter Indonesia di Hamdan Sports Complex nampaknya bisa menggedor semangat "Minions" di gim kedua. Indonesia pun perlahan mengejar, dari tertinggal 12-19 menjadi 18-20.
Sayangnya, pukulan Kevin yang melebar menjadi bonus cuma-cuma bagi Jepang hingga Indonesia kalah 18-21 di gim kedua.
Marcus dan Kevin menatap gelar ketujuh tahun ini. (Foto: Chandra Dyah Ayuningtyas/kumparan)
Perebutan tiket ke final pun dilanjut ke gim ketiga. Membuka laga, poin pertama direbut Kamura/Sonoda. Indonesia lantas tertinggal 0-3, tapi Marcus/Kevin terus berusaha mengejar dan mampu menyamakan kedudukan 4-4.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, gim penentuan ini sudah dirasa berada dalam genggaman Indonesia saat unggul 11-8 di interval. Sejurus kemudian, Jepang yang tertekan melakukan kesalahan berbuah poin bagi Tanah Air yang lanjut unggul 12-8.
Reli-reli panjang pun terus dimainkan hingga Marcus/Kevin mampu memperbesar angka menjadi 19-16. Tak butuh waktu lama, championship point disegel Indonesia dengan skor 20-16.
Final! Ya, pada akhirnya tiket ke final sukses direbut "Minions" yang menang 21-10, 18-21, dan 21-16 lewat pertandingan selama 63 menit. Dengan ini, kans keduanya untuk meraih helar ketujuh semakin terbuka di final besok, Minggu (17/12).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan