kumparan
29 Jun 2017 15:18 WIB

10 Pilihan Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Oleh-oleh khas Yogya (Foto: Instagram/suciwgati-misonathelabel-vinayashop)
Menikmati indahnya kota Yogya bersama keluarga atau kerabat menjadi aktivitas seru untuk menghabiskan waktu liburan. Setelah cukup lama singgah di kota pendidikan ini, kamu tentu tak mau jika kenanganmu selama berada di kota ini hilang begitu saja.
ADVERTISEMENT
Demi mengabadikan kenangan saat berada di sebuah kota, membeli benda atau makanan yang menjadi khas kota tersebut bisa menjadi cara agar momen berlibur tetap terkenang.
Yogyakarta merupakan daerah yang menyediakan beragam oleh-oleh yang bisa kamu pilih. Mulai dari batik sampai makanan khas seperti gudeg yang bisa kamu bawa dalam bentuk kering atau basah.
Jika masih bingung oleh-oleh apa saja yang bisa kamu bawa pulang saat waktu liburan di Yogya telah habis, kumparan (kumparan.com) akan memberikan sederet oleh-oleh khas Yogya yang bisa mengingatkanmu kembali tentang Yogyakarta. Apa saja?
1. Bakpia
Loading Instagram...
Oleh-oleh yang satu ini memang sudah menjadi unggulan di kota pelajar ini. Ragam varian bakpia terbaru seperti rasa durian, green tea dan kacang merah menambah pilihan bakpia yang bisa kamu beli sebagai buah tangan. Tak perlu sulit mencari bakpia, karena kamu bisa menemukan makanan lokal ini hampir di seluruh penjuru kota Yogya.
ADVERTISEMENT
2. Yangko
Loading Instagram...
Selanjutnya ada Yangko yang mempunyai tekstur seperti kue mochi. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini juga menjadi pilihan para pelancong yang ingin membeli oleh-oleh dari kota Yogyakarta. Warna-warni Yangko membuat panganan ini terlihat lebih menarik. Umumnya satu kota Yangko yang dijual di pasaran terdiri dari 30 buah Yangko dengan rasa yang berbeda.
3. Gudeg Kering dan Gudeg Kalengan
Loading Instagram...
Jika kamu masih ingin menikmati lezatnya gudeg Yogya ketika sudah tiba di rumah, kamu bisa membeli gudeg kering ataupun basah yang dijual dalam bentuk kalengan. Hampir setiap rumah makan gudeg menjual gudeg kering atau gudeg kalengan yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh ini. Citarasa dari gudeg kemasan ini pun tak jauh berbeda dengan gudeg yang biasa kamu santap saat di Yogya.
ADVERTISEMENT
4. Cokelat Monggo
Loading Instagram...
Tak hanya makanan tradisional saja, Yogya juga mempunyai cokelat khas yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh saat berada di kota gudeg ini. Cokelat Monggo adalah coklat yang sangat terkenal seantero Yogya. Meskipun terkesan tradisional, namun cokelat monggo memiliki citarasa cokelat Belgia yang lezat. Pilihan rasanya cukup beragam, ada dark chocolate, milk chocolate, jahe, pedas dan aneka rasa lainnya.
5. Salak Pondoh
Loading Instagram...
Pilihan oleh-oleh lainnya ada buah salak yang banyak dijajakan di pusat oleh-oleh kota Yogya. Salak Pondoh merupakan jenis salak yang paling diminati di kota yang kaya akan budaya ini. Rasanya yang manis serta teksturnya yang renyah menjadi ciri khas dari salak yang banyak tumbuh di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di lereng merapi.
ADVERTISEMENT
6. Geplak
Loading Instagram...
Bukan Yogya namanya jika makanan lokalnya tidak bercitarasa manis, termasuk camilan Geplak. Terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis serta dimasak dengan campuran gula, Geplak menjadi salah satu oleh-oleh cukup populer khas kota pelajar. Kini Geplak sudah mulai dimodifikasi dengan pilihan warna dan rasa yang beragam.
7. Batik
Loading Instagram...
Kain batik juga menjadi oleh-oleh khas Yogya yang tak pernah lupa dibeli oleh para pelancong. Bahan kainnya yang berkualitas serta pilihan motif yang cukup bervariasi membuat kain batik Yogyakarta patut dipertimbangkan. Tak hanya bisa dibeli dalam bentuk meteran, kain batik Yogya juga bisa kamu temukan dalam bentuk pakaian jadi.
8. Kerajinan Perak
Loading Instagram...
Kerajinan perak juga bisa menjadi pertimbangan kamu untuk mencari pilihan oleh-oleh khas Yogyakarta. Jika ingin mendapatkan kerajinan perak yang beragam, kamu bisa mengunjungi Kotagede yang menjadi sentra penghasil kerajinan perak. Hanya berjarak 5 km dari pusat kota Yogya, maka kamu akan menemukan show room kerajinan perak yang mana kualitasnya sudah tak diragukan lagi.
ADVERTISEMENT
9. Gerabah Kasongan
Loading Instagram...
Jika masih bingung menentukan pilihan oleh-oleh, kamu bisa membeli gerabah kasongan yang juga menjadi ciri khas dari kota Yogya. Kerajinan tanah liat ini bisa kamu temukan saat berkunjung ke Desa Kasongan, mulai dari guci, vas bunga, lampu hias sampai asbak lengkap dihadirkan di kawasan ini. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan gerabah kasongan ini.
10. Kaos Dagadu
Loading Instagram...
Oleh-oleh yang terakhir, ada kaos Dagadu yang juga sering dijadikan buah tangan khas kota Yogya. Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogya yang mempunyai arti "matamu", sesuai dengan logo kaos tersebut. Identik dengan plesetan khas kota pelajar, kaos Dagadu bisa kamu temukan di Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza dan kawasan Pakuningratan yang menjadi lokasi toko kaos Dagadu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·