Pencarian populer

10 Tips Membuat Kamar Terlihat Lebih Besar

Kamar Mungil yang Leluasa (Foto: Instagram/@freshome)

Pernah dengar istilah bahwa kamar merupakan cerminan kepribadian manusia?

Benar atau tidak, kamar tidur adalah sebuah ruangan yang memiliki intimasi yang paling berbeda dari semua ruangan yang ada di rumah. Segala emosi, kelelahan, bahkan rahasia-rahasia pribadi tersimpan rapat dalam balutan dinding kamarmu.

Tapi bagaimana apabila kamu merasa bahwa kamarmu terlalu kecil untuk merasakan sebuah kenyamanan yang kamu harapkan dari hari yang panjang?

Dilansir Freshome kamu dapat memaksimalkan kamar impianmu dengan tips-tips sederhana di bawah ini. Tidak usah khawatir dengan kamar mungil, karena kamu dapat menyiasatinya dengan dekorasi dan penataan yang tepat. Yuk, simak!

1. Atur Barang-Barangmu Supaya Tidak Terlihat

Semakin banyak barang yang ada di kamarmu, semakin sempit rasanya. Tidak ada yang membuat sebuah ruangan menjadi lebih sempit kalau bukan karena kamu memiliki terlalu banyak barang. Aturlah barang-barangmu supaya tidak terlihat. Lihatlah keseliling kamarmu, dapatkah kamu melihat dasar lantai baseboard? Kalau tidak, artinya kamu terlalu mempunyai banyak barang.

Kamu dapat menggunakan alternatif seperti ditaruh di belakang pintu, dibawah meja atau kamu bisa mengaturnya dengan menempatkan di rak-rak barang. Dengan mengatur barang-barangmu secara beraturan dan tidak terlihat, maka ruanganmu akan menciptakan nuansa yang terbuka dan rapi.

Ketika kamu memasuki kamarmu, matamu ingin menjelajahi setiap ruangan. Dengan tips ini, maka akan seketika menciptakan sebuah ilusi.

2. Pilihlah Warna dengan Bijak

Warna gelap pada ruangan yang mungil akan membuat kamarmu terlihat seperti gua. Apabila kamu menyukai warna gelap, maka gunakanlah warna itu dalam aksesoris-aksesoris seperti bantal, karpet atau seprai.

Gunakanlah warna terang pada dinding dan langit-langit, sehingga akan memberikan ruang terbuka secara visual. Perpaduan warna yang terlalu kontras satu sama lain memiliki tendesi untuk memecah sebuah ruangan. Istilahnya, interior kamar jadi tidak nyambung.

Pilih furnitur yang warnanya seirama dengan dinding, sehingga tidak terkesan tumpang tindih.

3. Maksimalkan Dinding

Berbelanja untuk perabotan memang memiliki tantangan tersendiri, terkadang kita tidak tahu barang apa yang sebenarnya kita cari.

Triknya, ukurlah besar dinding pada kamarmu dan perkirakan seberapa banyak furnitur yang bisa kamu letakkan. Pilih furnitur yang memiliki sudut. Karena furnitur dengan sudut melengkung bisa memakan banyak tempat dalam kamar. Menambah aksesoris dinding seperti gantungan juga dapat menambah estetika ruang.

4. Biarkan Cahaya Masuk

Setiap ruangan akan terlihat lebih besar apabila mendapatkan pencahayaan yang cukup, baik itu pencahayaan natural maupun buatan. Tinggalkan aksesoris-aksesoris yang terkesan berat seperti gorden gelap. Biarkan jendela terbuka sehingga cahaya matahari dapat masuk secara maksimal.

com-Kamar Tidur (Foto: Thinkstock)

5. Dekor Sesuai Ukuran Ranjang

Seberapa besar ukuran kasur dalam kamarmu, kasur akan selalu menjadi fokus utama dalam sebuah kamar. Apabila kamu memiliki kasur yang besar di kamar yang kecil, maka itu akan membuat ruangan menjadi sesak. Pilihlah kasur yang kecil sesuai kebutuhanmu, ruang-ruang lainnya bisa kamu sisipkan meja kecil atau lampu berdiri sesuai proporsi kamarmu.

6. Manfaatkan Langit-langit Kamar

Dalam beberapa tahun belakangan ini, penggunaan aksesoris seperti tray ceilings menjadi populer. Apabila memungkinkan, kamu bisa bereksperimen dan lihat seberapa banyak volume tambahan yang bisa didapatkan untuk kamarmu.

Kalau kamu ingin tetap membiarkan langit-langit kamar tetap polos, maka perhatikan warna yang kamu pilih. Gunakan warna terang untuk memberi ilusi optik yang terkesan luas. Karena semakin gelap warna langit-langit kamar, makin sempit pula suasana kamar yang terlihat.

7. Maksimalkan Sudut Kamar

Kesalahpahaman tentang kamar kecil adalah kamu hanya bisa tidur, berganti pakaian dan keluar ruangan. Padahal, kamu dapat memanfaatkan sudut-sudut ruang untuk memiliki fungsi. Taruhlah kursi kecil dan lampu berdiri di kamarmu, dan kamu seketika memiliki ruang baca.

Jika kamu dapat memanfaatkan banyak fungsi dalam kamarmu, maka kamu akan merasa lebih betah untuk diam di kamar.

8. Perlukah Meletakkan Televisi?

Menaruh TV dalam kamarmu adalah kebutuhan selera. Kalau memang kamu menginginkan sebuah TV dalam kamarmu, maka pilihlah TV dengan layar yang datar (flat screen). Penempatannya, tempelkanlah pada dinding sehingga dapat menghemat ruang.

9. Pilih Lemari yang Sesuai dengan Ukuran Kamar

Satu hal mencolok yang akan sangat membuat kamarmu terlihat sesak dan sempit adalah pemilihan furnitur yang terlalu besar. Maksimalkan dinding, namun jangan ruang. Pilihlah furnitur yang tidak hanya memiliki satu fungsi, tapi banyak fungsi, sehingga bartang-barangmu dapat disimpan dengan baik secara maksimal dan efisien.

10. Tentukan Titik Fokus Kamar

Kalau kamu memiliki karya seni yang fantastis, tempatkanlah itu di atas kasurmu sehingga dapat menarik perhatian ketika kamu masuk ke kamar.

Atau kalau kamu tidak terlalu senang dengan bagaimana kasurmu terlihat, dan kamu memiliki meja rias antik yang terlihat cantik, taruhlah vas bunga warna-warni di atasnya. Gunakanlah imajinasi dan kreativitasmu untuk menonjolkan sisi positif kamarmu supaya tidak terkesan kecil dan sesak.

Bagaimana? Tertarik untuk mengembangkan kreativitasmu dan mengaplikasikannya pada kamarmu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: