kumparan
18 Apr 2018 10:59 WIB

21 Gerai Kosmetik di AS Jual Makeup Mengandung Kotoran Hewan & Manusia

Makeup Palsu (Foto: Twitter @LAPDMarcReina)
Mengingat mahalnya harga makeup high-end yang berkualitas, tak kadang sebagian perempuan mencari alternatif dengan menilik online shop yang memang menyuguhkan harga lebih murah dibandingkan dengan gerai-gerai makeup yang biasa ditemukan di mal.
ADVERTISEMENT
Namun, pada beberapa kasus, produk yang tengah naik daun tersebut sering dibuat tiruannya dan dijual dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Kemasan dan warnanya yang sangat mirip. Sebut saja, seperti eyeshadow palette NAKED dari Urban Decay, atau Kylie Lip Kit.
Namun, apa jadinya jika barang palsu yang dibanderol dengan harga murah tersebut mengandung kotoran hewan dan dilumuri oleh sejuta bakteri?
Makeup Palsu (Foto: Twitter @LAPDMarcReina)
Dilansir Elle, inilah yang terjadi di Los Angeles Fashion District. Polisi setempat ‘menciduk’ 21 gerai yang menjual makeup branded tiruan alias palsu. Mulai dari Urban Decay, Huda Beauty, Anastasia Beverlyhills, MAC, Kylie Lip Kit, dan masih banyak lagi.
Yang mencengangkan, bukan sekadar makeup palsu, makeup-makeup ini mengandung kotoran dan urine dari hewan dan manusia. Bisa Anda bayangkan berapa banyak bakteri yang bersarang di dalamnya?
ADVERTISEMENT
Polisi setempat setidaknya telah menyita 700 ribu dolar AS atau yang setara dengan Rp 10 miliar barang bukti berupa makeup palsu tersebut. Enam orang dinyatakan bersalah dan akan didakwa dengan pasal pelanggaran merek dagang. 15 orang lainnya diberi peringatan untuk tidak menjual barang palsu lagi.
Tentunya hal ini mengundang berbagai respon dari netizen, termasuk selebriti Kim Kardashian.
“Kylie Lip Kits palsu disita polisi karena mengandung kotoran. Menjijikan! Jangan pernah membeli produk palsu!” cuit Kim Kardashian di akun Twitter resminya.
“Ini sangat menjijikan!” tulis yang lainnya.
Bagaimana menurut Anda? Hati-hati dalam memilik produk, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan