Pencarian populer

3 Tips Menjadi Pemimpin Perempuan Sukses dari Elvera N. Makki

Elvera N. Makki, Direktur Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Sebagai salah satu pemimpin di perusahaan bank multinasional, Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, sudah pernah melalui berbagai lika-liku perjalanan karier yang membantunya untuk kokoh berada di tahap hari ini.
ADVERTISEMENT
Menurut Elvera, dalam menaiki tangga karier, dibutuhkan perjuangan, kesabaran, dan proses pembelajaran dalam setiap langkahnya. “Saya berada di tahap seperti sekarang, karena saya betul-betul memulainya dari nol,” ungkap perempuan kelahiran 1976 ini dalam wawancaranya dengan kumparan, beberapa waktu lalu.
Kaya akan pengalaman, sebagai pemimpin perempuan, Vera membagikan beberapa tipsnya bagi Anda yang juga memiliki aspirasi menjadi seorang pemimpin yang baik dan kompeten. Apa saja?
1. Harus selalu siap untuk selangkah lebih maju
Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Dalam penjelasan Vera, jam terbang adalah hal yang sangat penting. Alasannya, proses tak ada yang bisa ditawar, sehingga kesabaran menjadi hal yang amat dibutuhkan.
Banyak kasus seseorang bekerja bertahun-tahun, namun tak berkembang dan berada di tahap yang itu-itu saja. Itulah sebabnya, menurut Vera kita harus cerdas dalam mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
"Harus ada motivasi untuk selangkah lebih maju. Itu penting sekali untuk memiliki mindset one step ahead," ungkap Vera.
2. Kemampuan untuk melihat sesuatu dari helicopter views
Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Artinya, Anda harus bisa melihat segala sesuatu dari kacamata yang umum dengan pikiran terbuka, sebagaimana melihat dari atas helikopter.
Oleh sebab itu, pemimpin yang baik perlu memiliki strategic thinking yang juga baik, bisa melihat sesuatu dalam jangka panjang, dan skill khusus lainnya.
"Kalau perlu, ambil kelas-kelas untuk mengasah diri dan rajin membaca buku, meskipun, semua itu tidak dibayarin oleh kantor. Jadikan hal ini sebagai investment untuk diri Anda sendiri, karena pengetahuan tidak ada yang sia-sia," tambahnya.
3. Be positive and always responsible
Elvera N. Makki, Direktur Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Memiliki interpersonal skill dengan kualitas pikiran yang positif dan selalu bertanggungjawab tentu jadi hal yang tak bisa ditawar dimiliki oleh seorang pemimpin.
ADVERTISEMENT
"Don't take things for granted, harus punya etika komunikasi yang penting. Anak muda itu sukanya shortcut dalam berkomunikasi, maka siapkan awareness yang tinggi. Kesopanan itu sangat penting," tutup ibu dari tiga anak ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86