Pencarian populer
4 Cara yang Dilakukan Orang Sukses dalam Mengevaluasi Karier
Ilustrasi Perempuan Karier. (Foto: Shutterstock)
Awal tahun memang menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi diri. Baik dalam hal karier, finansial, atau bahkan hubungan percintaan.
Sebagai perempuan karier yang selalu ingin meningkatkan kemampuan dalam bekerja, Anda tentu perlu tahu perkembangan yang sudah dialami oleh diri sendiri. Hal itu bisa diketahui jika Anda melakukan evaluasi diri.
Tujuannya tak lain adalah untuk mengetahui apa saja yang sudah Anda kerjakan selama setahun, berapa banyak goals yang sudah tercapai, dan apa saja yang perlu ditingkatkan atau dipertahankan. Selain itu, evaluasi diri juga dapat mempersiapkan Anda sebelum atasan atau pihak perusahaan mengevaluasi Anda dan tim secara menyeluruh.
Seperti dilansir dari situs Girlboss, ada empat cara mudah yang bisa Anda terapkan agar evaluasi diri ini berjalan maksimal. Apa saja?
1. Jujur kepada Diri Sendiri
Ilustrasi perempuan yang sedang bekerja (Foto: dok.Pixabay)
Selama bekerja, tentu ada saat dimana Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan brilian dan ada juga tugas yang tidak terselesaikan dengan cukup baik.
Untuk mengetahui bagian-bagian itu, Anda harus melihat satu persatu pekerjaan yang sudah dikerjakan selama setahun. Kemudian tuliskan dengan jujur ketika sedang melakukan evaluasi diri.
Jika ada pekerjaan yang memang tidak terselesaikan dengan baik, berikan catatan agar Anda tahu bagian mana yang perlu lebih ditingkatkan. Lewat keberhasilan yang sebelumnya, Anda juga bisa tahu apa saja yang bisa diimplementasikan jika nantinya menghadapi kesulitan serupa.
2. Cek Kembali Target atau Tujuan Anda
Bekerja di Bidang IT (Foto: thinkstock)
Masing-masing Anda tentu memiliki goals atau tujuan pribadi saat mendapat pekerjaan. Pastikan saat mengevaluasi diri, Anda tahu apa tujuan tersebut dan sudah berapa banyak yang tercapai.
Jika banyak yang belum, coba temukan apa yang menghambat tujuan tersebut. Perhatikan juga apakah selama ini atasan Anda pernah mengatakan jika ada hal-hal yang bisa Anda kembangkan di kemudian hari yang bisa dijadikan target selanjutnya.
3. Buat Rekam Jejak Pekerjaan
Tentukan Target Audiens Sebelum Merilis Produk (Foto: Shutterstock)
Rangkum pekerjaan dan projek yang sudah berhasil Anda selesaikan dalam satu file dan tandai bagian mana saja yang mengalami banyak progres, yang biasa saja, dan yang perlu ditingkatkan.
Jadi ketika atasan atau perusahaan melakukan evaluasi, Anda sudah memiliki data lengkap tentang kinerja Anda selama setahun. Cara ini juga bisa memudahkan Anda dalam menentukan langkah dan goals selanjutnya.
4. Kaitkan Performa Anda dengan Perusahaan
Persiapkan Diri untuk Hal Terburuk (Foto: Shutterstock)
Tunjukkan bahwa kinerja bagus Anda selama ini memiliki peran penting dalam membantu perusahaan mencapai misinya.
Catat ada berapa banyak Anda berkolaborasi dengan divisi lain dan tunjukkan seberapa besar dampak projek atau program yang Anda buat bagi perusahaan.
Dengan begitu, pihak perusahaan akan yakin jika Anda tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga benar-benar ingin membantu agar perusahaan semakin maju dan terus berkembang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: