Pencarian populer

4 Tips Agar Tetap Produktif saat Bekerja di Rumah

Ilustrasi Bekerja (Foto: StartupStockPhotos)

Seiring perubahan zaman yang begitu pesat, pola kerja pegawai kantoran pun berubah. Demi efisiensi dan kemudahan, banyak perusahaan yang tak lagi mewajibkan karyawannya untuk bekerja di kantor. Karyawan bebas bekerja dari mana saja, asal deadline pekerjaan lancar dan selesai tepat waktu.

Hal ini membuat banyak orang, khususnya ibu muda yang memiliki anak kecil, lebih memilih untuk bekerja di rumah. Selain merasa lebih nyaman, kamu juga tak perlu buang waktu untuk bersiap dan berangkat ke kantor.

Tak hanya karyawan, banyak juga freelancer atau pekerja lepas yang lebih memilih untuk bekerja di rumah ketimbang nongkrong di kafe atau menyewa working space. Alasannya, bekerja dari rumah dinilai lebih santai dan hemat.

Namun, bekerja dari rumah tidaklah seindah yang kamu bayangkan. Kamu harus pintar-pintar mengakali suasana rumah dan mood diri agar produktif saat bekerja.

Dilansir Pop Sugar, kumparan (kumparan.com) merangkum sederet tips yang harus kamu pahami agar sukses bekerja dari rumah. Simak sejenak, yuk!

1. Atur Pola Pikir

Ibu bisa bekerja di perusahaan berbasis online. (Foto: Thinkstock)

Jika ingin sukses bekerja dari rumah, pola pikir merupakan hal pertama yang harus kamu kendalikan. Yang harus kamu sadari, bekerja dari rumah memiliki beban pekerjaan yang sama beratnya dengan kantor. Jumlah tugas dan deadline yang harus dikerjakan tetap sama.

Bedanya, kamu hanya memiliki kebebasan lebih untuk bekerja dari rumah dengan suasana santai. Saat harus bekerja dari rumah, atur mood agar tetap ceria dan bersemangat. Dengan demikian, kamu bisa tetap produktif dan terhindar dari dorongan untuk beristirahat atau bermalas-malasan.

2. Atur Jadwal

Ilustrasi bekerja sebagai LO konser. (Foto: Pixabay)

Saat bekerja dari rumah, atur jadwal dan patuhi. Tetaplah bangun pagi seperti biasanya, karena ada beban pekerjaan yang menanti untuk dikerjakan.

Agar tak berantakan, buat deadline dengan teratur. Tentukan durasi dan jadwal yang harus kamu patuhi untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, bekerja delapan jam sehari dengan jeda 30 menit pada jam makan siang. Jangan beri alasan bagi diri untuk bermalas-malasan, ya!

3. Singkirkan Gangguan

Wanita bekerja di pemerintahan. (Foto: Pixabay)

Biasanya, orang yang terbiasa bekerja di kantor akan kesulitan menyesuaikan diri ketika bekerja di rumah. Semua karena suasana rumah yang identik dengan bermalas-malasan.

Agar bisa bekerja dengan maksimal, kondisikan suasana kerja jadi sekondusif dan seprofesional mungkin. Kamu bisa duduk di ruang kerja (jika ada) atau meja makan yang ditata rapi.

Agar fokus tak terganggu, hindari menyalakan televisi atau sumber hiburan apapun. Kamu juga bisa mematikan notifikasi media sosial yang sama sekali tak berkaitan dengan pekerjaan.

Jika kamu senang bekerja sambil ditemani alunan musik, tak ada salahnya menyetel lagu kesukaan. Pilih lagu bernada ceria yang mampu membangkitkan semangat.

4. Terapkan Batasan Pada Keluarga atau Anak

Ilustrasi ibu yang bekerja dengan anaknya (Foto: Thinkstock)

Ini merupakan hal yang paling sulit dilakukan oleh ibu muda yang memiliki anak. Karena seringkali, kamu dituntut mampu melakukan multitasking (bekerja sambil mengurus anak).

Jika memungkinkan, sebelum mulai bekerja, beri pesan untuk tidak diganggu kepada orang rumah. Hal ini bisa diakali dengan mengunci diri di dalam kamar atau ruang kerja. Dengan demikian, kamu tetap bisa bekerja dengan lancar tanpa gangguan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: