kumparan
11 Des 2017 7:00 WIB

5 Alat Gym Ini Ternyata Jauh Lebih Kotor Dibanding Dudukan Kloset

Alat gym tak sebersih yang kamu kira (Foto: Thinkstock)
Untuk menjaga kebugaran dan memiliki bentuk tubuh yang ideal, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menjalani pola makan sehat hingga berolahraga.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara yang paling praktis dan sering dilakukan banyak orang adalah bergabung jadi anggota gym atau pusat kebugaran. Di sana, kamu bebas melakukan apa saja.
Mulai dari cardio menggunakan treadmill, angkat beban menggunakan dumbbell, mengikuti kelas yoga, bersepeda RPM, dan masih banyak lagi. Dipenuhi puluhan alat dan segudang kelas kebugaran, maka tidaklah mengherankan jika gym dipadati banyak orang setiap hari.
Apakah kamu termasuk salah satu yang bergabung sebagai member pusat kebugaran?
Jika ya, sebaiknya kamu mulai memperhatikan kebersihan alat gym yang biasa digunakan. Karena berdasarkan studi yang dilansir Times of India, alat gym ternyata jauh lebih kotor dibanding dudukan toilet!
90 persen kuman yang ditemukan pada alat gym pun terbukti berbahaya dan membawa dampak negatif pada kesehatan manusia. Berikut ini, kumparan (kumparan.com) memuat sejumlah alat olahraga terkotor yang biasa kamu gunakan di gym. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Treadmill
Treadmill mengandung kuman (Foto: Thinkstock)
Sebagian dari kamu mungkin tak menyangka, bahwa treadmill mengandung sejumlah bakteri yang bisa menyebabkan infeksi dan pneumonia. Setiap harinya, ada belasan hingga puluhan orang yang berlari di atas treadmill.
Tak terhitung banyaknya bulir keringat yang menetes dan menempel di mesin ini.
2. Dumbbell
Dumbbell (Foto: Thinkstock)
Alat yang tak kalah kotor adalah dumbbell. Benda yang satu ini berfungsi untuk membentuk otot dan mengencangkan lengan.
Biasanya, dumbbell diayunkan sesuai repetisi gerakan yang diinginkan. Meski nampak kecil, nyatanya dumbbell mampu menguras keringat yang tak sedikit.
Dipegang dengan tangan telanjang, inilah yang menjadikan dumbbell sebagai salah satu benda terkotor di gym.
3. Yoga Mats
Yoga mats (Foto: Thinkstock)
Jangan sepelekan kuman yang menempel pada yoga mats. Terlebih matras umum yang disediakan gratis oleh studio gym tempat kamu berolahraga.
ADVERTISEMENT
Jika tak percaya, coba pikirkan kembali gerakan apa saja yang biasa kamu lakukan di atas matras. Gerakan yoga seringkali mengharuskan anggota tubuh (yang berkeringat) menempel pada matras. Mulai dari telapak tangan, kaki, lengan bermandikan keringat, dan masih banyak lagi.
Jika hendak mengikuti kelas yoga, sebaiknya gunakan matras milik sendiri. Kamu bisa membersihkannya secara berkala di rumah.
4. Cross Trainers
Cross trainers (Foto: Thinkstock)
Alat cardio yang satu ini juga mengandung segudang bakteri yang mengkhawatirkan. Karena ketika berolahraga, kamu diharuskan untuk menggenggam pegangan alat.
Dan telapak tangan kamu pun biasanya selalu berada dalam kondisi basah. Inilah yang jadi titik terkotor pada cross trainers.
5. Abs Benches
Abs benches (Foto: Thinkstock)
Alat yang satu ini sering digunakan sebagai tempat untuk membentuk otot perut. Sit up jadi gerakan yang paling sering dilakukan menggunakan alat ini.
ADVERTISEMENT
Dan ketika melakukan sit up, tanpa disadari keringat yang membasahi punggung pun menempel di tempat ini. Jika kamu menggunakan alat ini sehabis orang lain, tak menutup kemungkinan bahwa kamu akan terpapar bakteri yang mengancam kesehatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan