Pencarian populer

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Minta Kenaikan Gaji

Ilustrasi Karyawan Kantoran Foto: thinkstock

Apakah Anda termasuk seseorang yang sudah bekerja sekian lama namun belum juga mendapatkan kenaikan gaji? Atau merasa selalu memberikan yang terbaik tetapi merasa kurang dihargai oleh perusahaan karena gaji yang masih belum meningkat?

Gaji memang merupakan salah satu hal yang sensitif untuk dibicarakan. Baik dengan rekan kerja, atasan, atau bahkan pihak perusahaan. Tetapi jangan sampai hal itu menjadi penghalang bagi Anda untuk mendapatkan peningkatan dalam berkarier.

Menurut Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, Senior Consultant Pertamina Training & Consulting, sebelum meminta kenaikan gaji pada atasan, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

“Gaji adalah hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Maka dari itu, ketika ingin meminta kenaikan gaji Anda harus memilih waktu yang tepat saat akan berbicara dengan atasan. Lalu siapkan juga data-data yang memastikan bahwa Anda memang layak untuk mendapatkannya,” tuturnya.

Berikut kumparanSTYLE rangkum beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meminta kenaikan gaji. Apa saja?

1. Mengevaluasi diri

Ilustrasi perempuan yang sedang bekerja Foto: dok.Pixabay

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat ingin naik gaji adalah pastikan Anda memang layak mendapatkannya. Hal ini bisa diketahui dengan melakukan evaluasi diri.

“Karyawan harus tahu apakah mereka sudah layak untuk mendapatkan kenaikan gaji. Semua itu bisa dilihat dari performance appraisal atau penilaian kinerja dari waktu ke waktu. Selain itu, lamanya waktu kerja di perusahaan juga harus diperhatikan. Jika Anda sudah mendapat banyak penilaian bagus, yang dikerjakan semakin meluas, dan cukup lama di perusahaan tersebut maka itu sudah saatnya Anda meminta kenaikan gaji,” tutur Cherry.

2. Berkomunikasi dengan atasan

Cara Mengkomunikasikan Masalah kepada Atasan Foto: TIME

Segala sesuatu yang menyangkut pekerjaan pasti berhubungan langsung dengan atasan. Oleh karena itu saat meminta kenaikan gaji, hal kedua yang harus dilakukan adalah berdiskusi dengan atasan. Tunjukkan pada mereka jika ini memang saat yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan kenaikan gaji.

“Saat berbicara kepada atasan, pastikan Anda membawa semua data penilaian yang bisa menunjukkan bahwa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji. Oleh karena itu, setiap karyawan harus rajin mengarsipkan semua proyek yang berhasil dikerjakan sekaligus bukti pencapaian targetnya," katanya lagi.

3. Pilih waktu yang tepat

Ilustrasi Teman Kantor Foto: Unsplash

Ingat, dalam dunia profesional bukan Anda sendiri saja yang memiliki kepentingan. Tetapi atasan juga. Bisa jadi urusan mereka lebih banyak dan membutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan.

Maka dari itu, untuk membicarakan hal sensitif seperti kenaikan gaji Anda harus memilih waktu yang tepat. Usahakan Anda mengecek jadwal mereka dan membuat janji untuk berbicara khusus dengan atasan dari hari sebelumnya.

“Kalau Anda mengatakannya di waktu yang salah, atasan tidak akan fokus untuk mendengarkan keinginan Anda. Bisa jadi mereka akan terburu-buru menyelesaikan pembicaraan.”

4. Jangan membandingkan posisi diri dengan rekan kerja lain

Ilustrasi Bekerja di Luar Foto: Thinkstock

Setiap karyawan memiliki porsi kerja, performance, dan level yang berbeda. Oleh karena itu Anda tidak bisa membandingkan diri dengan orang lain. Terlebih lagi soal pekerjaan. Anda akan terlihat tidak profesional ketika membandingkan kinerja atau gaji dengan rekan kerja yang lain.

“Membandingkan kinerja diri sendiri dengan rekan kerja itu tidak baik untuk dilakukan saat meminta kenaikan gaji atau dalam hal apapun di dunia profesional. Jangan jadikan rekan kerja sebagai patokan. Karena setiap karyawan memiliki komposisi pekerjaan yang berbeda.”

5. Melihat keadaan perusahaan

Ilustrasi Pekerja Kantor Foto: Pixabay

Memperhatikan keadaan keuangan perusahaan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan karyawan. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan kenaikan gaji. Hal yang satu ini bisa Anda konsultasikan kepada pihak HRD sebelum berdiskusi dengan atasan.

“Ketika mengajukan kenaikan gaji, pastikan saat kondisi keuangan perusahaan sedang baik. Meskipun gaji merupakan hak karyawan tetapi kalau perusahaan sedang surut, maka usaha Anda untuk meminta kenaikan akan sia-sia. Mereka tidak akan menjadikan permintaan Anda sebagai prioritas," tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35