Pencarian populer

5 Jenis Aroma yang Dapat Bangkitkan Semangat saat Berpuasa

Ilustrasi Semangat Bekerja (Foto: Unsplash)

Memasuki minggu pertama puasa Ramadhan 2018, rasa lelah, mengantuk dan tidak semangat dalam beraktivitas kerap menghampiri. Tak heran, hal tersebut membuat orang selalu merasa malas dan kurang bertenaga.

Jika Anda sering mengalami hal ini, tak ada salahnya coba menghirup wewangian yang dapat membangkitkan semangat. Apa saja? Berikut lima di antaranya:

1. Frankincense

Frankincense (Foto: dok. Thinkstock)

Frankincense telah lama digunakan untuk relaksasi dari segala pikiran yang menghampiri. Minyak esensial ini mengandung sesquiterpenes yang menstimulasi sistem limbik, pusat dari emosi dan memori untuk meningkatkan retensi memori dan berpikir lebih jernih.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology menemukan bahwa menghirup aroma frankincense dapat mengaktifkan anti-depresi pada otak dan menurunkan kecemasan. Anda bisa menyalakan aroma terapi dengan wewangian ini sebelum berangkat kerja atau menaruhnya di atas meja kerja.

2. Ylang-Ylang

Ylang-ylang (Foto: dok. Thinkstock)

Menurut penelitian di Brasil, wewangian bunga-bungaan dari Ylang-Ylang dapat membangkitkan rasa percaya diri. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa Ylang-ylang juga menimbulkan semangat untuk orang-orang yang bekerja di dalam satu tim. Anda bisa menghirup aroma ini melalui diffuser atau aroma terapi.

3. Lemon

Ilustrasi lemon. (Foto: Pixabay)

Saat berpuasa, Anda juga cenderung sulit untuk fokus berpikir. Tipsnya, coba hidup aroma lemon untuk membangkitkan suasana hati. Penelitian dari Ohio State Universitsy menemukan bahwa menghirup aroma lemon dalam meningkatkan norepinephrine, senyawa kimia di dalam otak yang terhubung langsung dengan motivasi seseorang.

Sedangkan penelitian di Jepang menyebutkan bahwa aroma lemon meningkatkan akurasi dalam mengetik, karena biasanya, 54 persen karyawan akan membuat kesalahan dalam mengetik jika dirinya tidak bersemangat.

4. Jasmine

Ilustrasi bunga melati (Foto: Thinkstock)

Tak hanya membuat suasana hati lebih tenang dan bersemangat, menghirup aroma melati juga bagus untuk kesehatan otak. Menurut penelitian dari Smell and Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, pemain baseball yang menggunakan armbands beraroma melati mampu memukul bola lebih baik ketimbang mereka yang tidak menggunakan armband beraroma.

5. Peppermint

Daun peppermint (Foto: dok. Thinkstock)

Anda harus melakukan rapat di tengah-tengah puasa? Coba hirup aroma peppermint terlebih dahulu. Minyak esensial yang satu ini terkenal untuk membangkitkan semangat, menyegarkan pikiran, dan membuat Anda lebih fokus dalam beraktifitas. Coba pulaskan minyak tersebut pada tengkuk, pergelangan tangan, dan di balik telinga agar lebih semangat bekerja.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31