Pencarian populer

5 Kebiasaan Kecil yang Baik Dilakukan saat Malam Hari

Bersihkan makeup sebelum tidur. (Foto: Thinkstock)

Kesehatan bisa didapatkan dan dijaga dengan berbagai hal, termasuk lewat hal-hal dan kebiasaan kecil yang kerap disepelekan.

Ada banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang bisa memudahkan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh dan kulit yang akan maksimal jika dilakukan saat malam hari. Mulai dari mencuci mulut hingga mengkonsumsi yogurt.

Di awal tahun baru ini, coba tambahkan resolusi untuk melakukan kebiasaan kecil yang kerap Anda hiraukan padahal memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan Anda sendiri. Seperti dilansir dari Health, berikut kami berikan lima daftar kebiasaan yang baik dilakukan saat malam hari.

1. Menggunakan Retinoid

Kandungan Alami pada Skincare (Foto: Thinkstock)

Retinoid atau senyawa kimia yang mengandung vitamin A ini terkenal dapat membantu meningkatkan pergantian sel dan mendorong pembentukan kolagen baru pada kulit, Sehingga dapat menyebabkan kulit tampak lebih muda bila digunakan secara teratur.

“Banyak moisturizer, serum, dan sunscreen mengandung retinoid, namun manfaatnya menjadi sia-sia karena digunakan di pagi atau siang hari. Karena hampir semua retinoid tidak dapat berfungsi dengan baik jika terpapar sinar UV,” ungkap Dr. Shainhouse seperti dilansir dari Health.

Agar retinoid yang terkandung pada skincare Anda bisa bekerja secara maksimal, aplikasikan pada wajah, leher, dan tangan pada malam hari sebelum tidur.

2. Pencuci Mulut

Ilustrasi obat kumur (Foto: Thinkstock)

Ketika tidur, mulut kita cenderung menghasilkan air liur yang sedikit. Hal itu bisa menyebabkan mulut kering serta membuat gigi dan gusi jadi rentan terhadap hal-hal seperti kerusakan gigi dan radang gusi.

Oleh karena itu, memakai obat pencuci mulut saat menjelang tidur sangat dianjurkan untuk memberikan perlindungan saat mulut kering dan hanya menghasilkan sedikit air liur. Selain itu, bilasan fluoride bisa membantu mencegah kerusakan gigi. Gunakanlah obat pencuci mulut yang memiliki kandungan mint di dalamnya untuk memberikan kesegaran pada mulut.

3. Mengkonsumsi Yogurt

ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat (Foto: dok.Thinkstock)

Irina Zhdanova, MD, PhD, seorang sleep expert dan CEO ClockCoach, mengatakan bahwa mengkonsumsi bakteri baik dari yogurt pada malam hari dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda secara optimal sepanjang malam. Pastikan juga yogurt yang Anda konsumsi mengandung lactobacillus.

Menurut ahli diet dari New York, Michelle Routhenstein, RD, Mengkonsumsi yogurt dan makanan kaya protein lainnya sebelum tidur juga dapat membantu proses pembentukan otot.

4. Olahraga

Ilustrasi olahraga (Foto: dok.Thinkstock)

Saat tidur, pernapasan manusia relatif jarang dan rendah, sehingga kadar oksigen yang masuk pada tubuh lebih rendah saat malam hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa berjalan kaki sekitar 15-20 menit sebelum tidur (Dan menarik napas dalam-dalam), agar sel-sel tubuh dapat menyimpan lebih banyak oksigen menurut Dr. Zhdanova.

Selain itu, olahraga baik di pagi, siang, atau malam hari bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Namun pastikan Anda tidak melakukan olahraga yang terlalu berat agar keesokan harinya tubuh tidak pegal-pegal dan kesakitan.

5. Mencuci Muka

Mencuci Muka Terlalu Sering Tak Baik untuk Kulit. (Foto: Shutterstock)

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kulit adalah menghapus riasan dan mencuci wajah sebelum Anda tidur. “Membersihkan diri setiap malam sangat penting karena ketika tidur, kulit kita memanfaatkan waktu tersebut untuk meremajakan sel-sel kulit secara alami," ungkap Joel Schlessinger, MD, ahli dermatologi dan kontributor RealSelf.

Tidur dengan wajah penuh riasan membuat kotoran pada kulit Anda mengganggu proses peremajaan, menyebabkan penumpukan bakteri, jerawat, dan tanda-tanda penuaan dini. Maka dari itu, mencuci muka sebelum tidur sangat dianjurkan sekali untuk dilakukan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: