kumparan
12 Des 2018 12:06 WIB

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Kulit Kering

Ilustrasi kulit kering. (Foto: Thinkstock)
Kulit kering menjadi salah satu masalah kecantikan paling umum yang dihadapi perempuan. Masalah ini biasanya ditandai dengan kulit yang terasa kasar dan kering saat dipegang, serta ada beberapa bagian yang memutih di permukaan kulit saat digaruk, dan kulit menjadi bersisik.
ADVERTISEMENT
Kulit kering bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari terlalu sering cuci muka hingga faktor usia. Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut kumparanSTYLE telah merangkum lima hal yang sering menjadi penyebab kulit kering:
1. Mandi Air Panas Terlalu Lama
Ilustrasi Mandi Air Hangat. (Foto: Shutterstock)
Air panas dapat membuat kulit menjadi kering. Jika Anda termasuk orang yang suka mandi dengan air panas, pastikan temperatur suhunya tidak terlalu panas dan jangan berlama-lama mendongakkan wajah ke shower air panas.
2. Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC
Bekerja di Ruang Ber-AC. (Foto: Shutterstock)
Sebagai perempuan karier yang bekerja di kantor, tentu wajah Anda akan sering terpapar dengan AC. Paparan dingin dari AC bisa membuat kulit wajah kering. Hal ini disebabkan karena AC dapat menyerap kelembapan dalam ruangan.
ADVERTISEMENT
3. Tidak Memakai Pelembap
Moisturizer untuk Kulit Kering. (Foto: Shutterstock)
Meski kulit Anda tidak termasuk kulit kering, namun pelembap adalah skincare yang wajib digunakan setiap hari. Karena pada dasarnya, kita membutuhkan pelembap agar kulit tetap lembut dan halus. Selain itu pelembap juga bisa membuat kulit tidak tampak kusam.
4. Terlalu Sering Mencuci Muka
Mencuci Muka Terlalu Sering Tak Baik untuk Kulit. (Foto: Shutterstock)
Mencuci muka merupakan rutinitas penting saat membersihkan wajah. Namun melakukannya terlalu sering juga bukan hal yang baik, terutama bagi kulit wajah.
Hal ini disebabkan karena proses mencuci muka dapat mengubah keseimbangan pH pada kulit karena pH air dan sabun pencuci muka lebih besar dari pH kulit (pH kulit sekitar 4.2 sedangkan pH air dan sabun mencapai angka 7).
Dalam sekali cuci muka dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk mengembalikan pH kulit. Jika dilakukan berkali-kali, kulit membutuhkan waktu yang lebih lama, nah faktor inilah yang membuat kulit menjadi kering.
ADVERTISEMENT
5. Faktor Usia
Ilustrasi Perempuan (Foto: Dok.Thinkstock)
Semakin bertambahnya usia, tidak hanya elastisitas kulit saja yang akan berkurang, tetapi juga kelembapan alami kulit. Oleh karena itu, semakin tua kulit akan semakin kering, berubah warna, dan terlihat lebih kusam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan