Pencarian populer

5 Kesalahan Menggunakan Eyeliner yang Tidak Kamu Sadari

Reverse Liner, eyeliner terbalik (Foto: Instagram @dahliacreates dan @hannahdoesmakeupp)

Banyak wanita merasa, riasan wajah tanpa eyeliner tidaklah lengkap. Tak heran, penggunaan eyeliner mampu membuat mata terlihat lebih tegas dan berkarakter. Pulasan eyeliner juga cukup berpengaruh dalam mengubah tampilan wajah seseorang.

Tetapi sayangnya, masih banyak kaum hawa yang keliru dalam mengenakannya. Alih-alih tampil sempurna, justru hal tersebut dapat membuat tampilanmu menjadi kurang maksimal. Apa saja kesalahan tersebut? Simak lima di antaranya seperti dilansir Prevention:

1. Menarik mata ke samping saat memakai eyeliner

ilustrasi memakai eyeliner (Foto: YouTube/Pony Makeup)

Hal ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan saat menggunakan eyeliner. Meski dimaksudkan untuk memudahkan dalam mengaplikasikan eyeliner, nyatanya menarik mata ke samping dapat membuat garis eyeliner menjadi tidak presisi.

Tak hanya itu saja, area sekitar mata dikenal sebagai bagian yang sensitif, sehingga jika kamu terus-terusan menariknya dapat membuat kulit kendur dan menimbulkan garis-garis halus.

2. Tidak menggunakan eyeliner sedekat mungkin dengan garis bulu mata

Saat menggunakan eyeliner terkadang ada celah antara kelopak dan garis bulu mata (lash line) sehingga eyeliner terlihat 'bolong' dan tidak membaur sempurna. Untuk itu, usahakan aplikasikan eyeliner sedekat mungkin dengan garis bulu mata. Hal ini awalnya mungkin sulit, tetapi jika dilakukan berulang-ulang, niscaya kamu akan terampil dalam mengaplikasikannya.

Lantas, bagaimana caranya menggukan eyeliner sedekat mungkin dengan garis bulu mata? Tariklah matamu ke atas, gunakan eyeliner pensil untuk mewarnai garis mata seperti yang dilakukan oleh makeup artist asal Korea Selatan, Pony.

Ilustrasi pakai eyeliner (Foto: YouTube/Pony Makeup)

3. Tidak menggunakan produk yang waterproof

Terdapat beberapa eyeliner yang mudah luntur, hal ini bisa disebabkan oleh dua hal, yakni kualitas eyeliner yang kurang mumpuni dan tekstur kelopak matamu yang berminyak. Oleh karena itu agar eyeliner tidak mudah luntur, kamu harus memilih formula eyeliner waterproof yang berkualitas baik. eyeliner tidak luntur dan membuat matamu terlihat seperti binatang rakun.

4. Mengaplikasikan eyeliner berlebihan pada bagian bawah mata

Memulaskan bagian bawah mata dengan eyeliner yang terlalu tebal dan gelap dapat memberikan efek mata turun ke bawah. Bukannya membuat tampilanmu fierce dengan efek smokey eyes, wajahmu justru terlihat lelah dan sedih.

5. Tahapan yang tertukar

Ilustrasi memakai maskara. (Foto: Pixabay)

Menurutmu mana yang harus dilakukan lebih dahulu, menggunakan eyeliner atau maskara? Hal ini terkadang masih sering diperdebatkan.

Namun agar lebih optimal, baiknya gunakan dulu maskara, baru eyeliner. Karena jika kamu menggunakan eyeliner terlebih dahulu, sapuan maskara dapat mengangkat garis eyeliner di dekat bulu mata dan meninggalkan celah.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23