Pencarian populer

5 Manfaat Berhubungan Seks bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi diskusi tentang seks dengan pasangan Foto: Shutterstock

Tak hanya untuk kepentingan reproduksi, seks juga dapat meningkatkan intimasi dalam sebuah hubungan dan mendapatkan kesenangan. Selain itu, seks juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagi perempuan, kegiatan seks dapat menguatkan panggul sehingga mengurangi rasa sakit dan risiko prolaps vagina saat berhubungan. Selain itu, seks juga memiliki fungsi sama seperti berolahraga, yaitu dapat meningkatkan kebahagiaan, sekaligus meringankan stres dan kegelisahan.

Masih banyak lagi manfaat lain dari seks yang memiliki dampak positif bagi tubuh. Berikut kumparanSTYLE telah merangkum beberapa di antaranya seperti dilansir dari situs Healthline.

1. Meningkatkan sistem imun

Dalam sebuah studi tentang kekebalan tubuh yang dibuat oleh Carl J. Charnetski dan Francis X. Brennan dari Department of Psychology and Medical Research Services, orang yang sedang menjalani hubungan dan rutin melakukan hubungan seks (satu atau dua kali seminggu) memiliki immunoglobulin A (IgA) pada salivanya.

IgA merupakan sebuah antibodi yang berfungsi mencegah penyakit dan garis pertahanan pertama untuk melawan virus human papilloma atau HPV.

Namun penelitian yang sama juga menunjukkan, jika Anda berhubungan seks lebih dari tiga kali seminggu bisa menyebabkan kelelahan dan stres. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi efek positif dari berhubungan seks.

Ilustrasi berhubungan intim (seks). Foto: Shutter Stock

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Saat mengalami orgasme, tubuh Anda merilis oksitosin, sebuah hormon yang biasa disebut dengan hormon cinta atau intimasi, serta mengeluarkan hormon endorphin. Kombinasi dari hormon-hormon ini dapat berfungsi sebagai obat penenang alami.

Itulah yang menjadi salah satu faktor Anda bisa tidur lebih nyenyak setelah berhubungan seks.

3. Meredakan sakit kepala

Dalam sebuah studi berjudul The impact of Sexual Activity on Idiopathic Headaches: An Observational Study yang dirilis oleh situs SAGE Journals, kegiatan seks dapat meredakan sakit kepala seperti migrain dan sakit kepala cluster.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa 60 persen responden mengaku migrain mereka lebih terasa setelah berhubungan seks, 70 persen mengatakan seks meringankan migrain secara bertahap hingga akhirnya sembuh, 37 persen melaporkan peningkatan gejala pada sakit kepala cluster, dan 91 persen mengatakan seks dapat menyembuhkan sakit kepala dengan baik.

Ilustrasi Hubungan Seks Suami Istri Foto: Pexels

4. Membuat tampak lebih muda dan meningkatkan rasa percaya diri

Berhubungan seks bersama pasangan atau sendiri (masturbasi) dapat membuat Anda tampak lebih muda. Hal ini bisa terjadi karena mengalirnya hormon estrogen ketika sedang melakukan kegiatan seks.

Studi dari Planned Parenthood menemukan bahwa seseorang yang aktif dalam melakukan hubungan seks bisa terlihat tujuh hingga 12 tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Selain itu, mereka juga lebih percaya diri dan nyaman dalam mengekspresikan diri.

5. Menambah kedekatan dengan pasangan

Karena intimasi yang diciptakan, seks dapat membuat Anda dan pasangan menjadi lebih dekat. Faktor tersebut juga terjadi karena adanya hormon oksitosin, hormon yang terkenal dapat menimbulkan perasaan cinta yang berproduksi saat Anda berhubungan seks.

Oleh karena itu jika secara rutin melakukan seks, kualitas hubungan Anda juga dapat meningkat karena secara konstan Anda dan pasangan akan merasa bahagia akibat banyaknya hormon yang dapat memicu kebahagiaan yang dirilis oleh tubuh saat berhubungan seks.

Ilustrasi berhubungan seks. Foto: Pixabay
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57