kumparan
10 Nov 2017 9:15 WIB

5 Tips Gelar Pesta Pernikahan dengan Bujet Murah

Setya Novanto di Pernikahan Kahiyang (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)
Menggelar pesta pernikahan sejatinya memerlukan banyak persiapan, termasuk juga urusan biaya. Tak jarang pasangan yang merogoh kocek hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah untuk menggelar pesta pernikahan mewah.
ADVERTISEMENT
Padahal sebenarnya, kamu dan pasangan tetap bisa mengadakan pesta pernikahan dengan bujet yang minim. Seperti apa caranya? Berikut lima caranya seperti yang dituturkan oleh perencana keuangan Indah Hapsari Arifaty.
1. Tempat Pernikahan
Suasana resepsi Kahiyang-Bobby. (Foto: Ananda Theresia/kumparan)
Melangsungkan pernikahan di gedung atau hotel berbintang seolah menjadi keharusan tersendiri bagi para calon pengantin. Padahal, menikah di rumah pun juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghemat biaya.
Indah tidak menampik jika gedung menjadi salah satu faktor yang sangat menguras kantong. Terlebih lagi, sewa gedung di Jakarta kini rata-rata mencapai Rp 100 jutaan.
Selain rumah pribadi, kamu bisa menggelar resepsi pernikahan di restoran. Kini, ada banyak restoran yang memberikan paket pernikahan dengan harga terjangkau yang patut kamu coba.
ADVERTISEMENT
2. Katering
Dekorasi Pernikahan Kahiyang Ayu (Foto: Ananda Theresia/kumparan)
Semua pasangan tentu ingin menyajikan santapan istimewa bagi tamu undangan di hari spesial. Untuk mengakalinya, kamu bisa menyajikan pilihan makanan berat hingga camilan yang disajikan. Ada baiknya, fokus pada makanan prasmanan sehingga kamu bisa memangkas sedikit food stall atau gubukan.
3. Seragam Keluarga
Jokowi dan keluarga di pernikahan Kahiyang. (Foto: www.allseasons-photo.com)
Pasangan muda-mudi yang akan melangsungkan pernikahan biasanya dibuat pusing saat mempersiapkan seragam keluarga besar. Tak perlu khawatir, dibandingkan membeli seragam ber meter-meter di toko kain, cukup cari pakaian jadi yang bisa dibeli di pusat perbelanjaan. Beragam baju cantik dan apik tersedia di sana yang bisa kamu pilih sesuai selera.
4. Dekorasi
Resepsi Pernikahan Raisa (Foto: Dok. Istimewa)
Mendekor ruangan pesta pernikahan tak jauh-jauh dari dekorasi bunga-bunga segar yang ditata cantik. Namun jika ingin mengurangi anggaran biaya, kamu bisa memangkas penggunaan bunga dan fokus kepada konsep serta warna dekorasi. Konsep seperti minimalis atau rustic bisa diterapkan dengan apik.
ADVERTISEMENT
5. Baju Mempelai dan Make up
Pernikahan Kahiyang-Bobby (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)
Untuk dua hal ini, kamu dan pasangan harus selektif dalam memilihnya. Pilihlah butik penyewaan dan makeup artist yang memberikan harga sesuai kantung kamu.
Soal baju, kamu bisa mengakalinya dengan memakai baju yang sama saat akad dan resepsi. Agar tidak kentara, kamupun bisa memilih sedikit hiasan yang berbeda, contohnya mengubah sedikit gaya rambut atau menerapkan kreasi kerudung dengan model berbeda.
Dengan trik ini, dijamin kamu dan pasangan bisa menekan pengeluaran setidaknya hampir setengahnya. Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan