Pencarian populer

5 Tips Jalani Hubungan Asmara yang Sehat Meski Terpisah Jarak Jauh

Ilustrasi Hubungan Jarak Jauh (Foto: Shutterstock)

Menjalani hubungan asmara jarak jauh memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan ekstra usaha dalam melakukannya, mulai dari kendala jarak yang terbentang jauh, perbedaan waktu yang harus saling menyesuaikan, hingga sulitnya merencanakan waktu untuk bertemu. Hal tersebut menjadi beberapa tantangan yang harus dijalani sesuai komitmen yang dibicarakan.

Memang, terkadang rasa rindu bisa menyiksa. Terutama saat kedua pasangan menjalani waktu dan hari yang sama-sama sibuk. Belum lagi, perbedaan waktu yang kentara, salah satunya adalah jam tidur yang berbeda.

Meski terasa sulit, bukan berarti tak mampu untuk dilakukan. Dengan keyakinan akan percaya satu sama lain, komitmen dan mimpi yang sedang dibangun, jarak sejauh apa pun bisa dengan sukses dijalani layaknya hubungan jarak dekat.

Oleh karena itu, berikut kumparanSTYLE sajikan beberapa tips untuk Anda yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, agar menjalaninya lebih menyenangkan.

1. Menjaga komunikasi dengan tetap memahami batasannya

Ilustrasi Hubungan Jarak Jauh (Foto: Shutterstock)

Benar, komunikasi adalah kunci bagi setiap hubungan. Membicarakan apa yang dirasakan, mengutarakan setiap masalah yang dialami, bisa membentuk kepercayaan dan rasa aman dari pasangan.

Dalam hubungan jarak jauh, Anda pasti akan merasa ‘haus’ akan sebuah komunikasi yang rutin, mengingat waktu untuk bertemu menjadi sesuatu yang tak bisa dipastikan. Namun perlu diingat, sesuatu yang berlebihan, bukanlah hal yang menyehatkan bagi Anda dan pasangan.

“Berkomunikasilah, namun jangan berlebihan,” papar Dr. Joshua Klapow, Ph.D., seorang psikolog dari New York, seperti dikutip Elite Daily.

Menurutnya, rutin untuk berkomunikasi adalah hal yang harus Anda lakukan. Namun, bukan berarti Anda menghabiskan waktu untuk terus menghubungi pasangan seolah komunikasi tersebut merenggut hidup Anda.

Biarkan Anda memiliki sisi kemandirian dalam menjalani hubungan tersebut. Beraktivitas dengan bebas namun tetap menjaga perasaan satu sama lain.

2. Jangan bosan dan malu untuk ungkapkan rasa sayang satu sama lain

Ilustrasi pasangan (Foto: Pixabay)

Meski terpisahkan jarak bukan berati menghalangi Anda untuk mengungkapkan rasa sayang pada pasangan. Di beberapa kesempatan, tak ada salahnya Anda mengungkapkan alasan yang membuat Anda mencintainya dan memilihnya. Bukan hanya itu saja, saling mendukung satu sama lain dalam segala urusan positif juga menjadi kunci menjaga keharmonisan tersebut.

Cobalah untuk memberikan kasih sayang lewat hal-hal kecil, seperti menanyakan keadaannya, bertanya atas hari yang baru saja ia jalani, mendengarkan segala keluh kesah, dan lain-lainnya. Terkadang hal simpel dapat memiliki arti yang besar, dan cara agar tetap berusaha bertahan pada pilihan.

3. Membuat jadwal dan berusaha untuk mengikutinya

Ilustrasi Hubungan Jarak Jauh (Foto: Shutterstock)

Dalam upaya menjaga komunikasi yang sehat, buatlah jadwal bersama. Mulai dari rencana untuk bertemu, rencana untuk menelpon satu sama lain, hingga video call.

Mungkin terdengar rumit, namun dengan membuat jadwal dan berusaha untuk menjalaninya, Anda akan jauh dari rasa kecewa karena ekspektasi yang tak sesuai. Terutama, saat Anda ingin berkomunikasi, namun pasangan Anda justru memiliki kesibukan lain.

“Sebuah rencana matang akan membangun ritme baik pada hubungan Anda, dan membuat Anda beraktivitas lebih baik saat sedang tidak bersamanya,” jelas Dr. Klapow.

Jika Anda sudah memiliki rencana tersebut, maka cobalah untuk jalaninya dengan rutin. Contohnya, seperti menjadwalkan video call setiap Minggu malam.

4. Selalu saling terbuka terhadap hal yang disukai dan tak disukai

Ilustrasi Hubungan Jarak Jauh (Foto: Shutterstock)

Di awal hubungan, pasti pembicaraan seputar suka dan tidak suka menjadi salah satu topik utama. Namun, untuk menghindari komunikasi yang tak searah, Anda harus menjaga topik tersebut seiring berjalannya waktu.

Mulai dari cara menjaga kepercayaan satu sama lain, membangun batasan-batasan tertentu dengan lawan jenis, hingga cara satu sama lain dalam menyelesaikan masalah.

Mengapa? Karena setiap orang memiliki cara masing-masing dalam menjaga batasan-batasan mereka. Ketika Anda memutuskan untuk ‘membagikan’ hidup Anda dengan seseorang yang Anda pilih, pastikan pula keputusan Anda searah dengan yang ia rasakan, sehingga Anda menghindarkan perasaannya dari rasa tidak aman.

5. Menjaga kebebasan yang Anda miliki

Ilustrasi Perempuan (Foto: Shutterstock)

Di waktu yang bersamaan, Anda bisa berada pada hubungan jarak jauh yang sehat, juga menjaga kebebasan Anda sebagai individu.

“Jangan pernah memaksakan suatu hubungan. Biarkan itu berjalan dengan sehat sembari Anda mementingkan kualitas diri di waktu yang sama,” jelas Dr. Klapow.

Jika Anda menaruh terlalu banyak waktu dalam ‘mengatur’ hubungan Anda, itu hanya akan menambah tekanan dan ekspektasi yang berlebihan. “Mengorbankan kehidupan sehari-hari Anda, atau hal-hal serupa lainnya, hanya akan memberikan tekanan berlebihan kepada hubungan tersebut,” tambahnya.

Menurutnya, segala sesuatu harus seimbang. Menjalani sepenuh hati dan biarkan kepercayaan menjadi kunci untuk tetap bersama dan tegar menjalani hubungan jarak jauh.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23