Pencarian populer
9 Desember 2018 11:07 WIB
0
0
7 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Berolahraga di Rumah
Personal trainer Nadira Diva Vitani dan pemilik akun Instagaram @petitedivaa. (Foto: Dok. @petitedivaa)
Ingin rutin berolahraga namun terhalang biaya gym yang mahal dan menguras kantong?
Menjaga kebugaran tubuh tak hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran semata, lho. Asal kreatif dan punya niat yang cukup, Anda bisa berolahraga setiap hari di rumah dengan memanfaatkan perabotan dan barang-barang yang ada.
Hal ini dibuktikan sendiri oleh personal fitness trainer sekaligus selebgram Nadira Diva Vitani. "Enggak selalu harus ke gym kalau mau membentuk otot badan. Bisa banget memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah sebagai alat gym," ujar pemilik akun Instagram @petitedivaa ini. Fitness junkie berusia 27 tahun ini sering berbagi video berisi tutorial olahraga mandiri di rumah.
Kepada kumparanSTYLE, perempuan yang akrab disapa Diva ini membeberkan tujuh benda yang bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga di rumah. Jadi, katakan selamat tinggal pada gym yang mahal!
1. Meja Rendah
Asal ada niat, semua bisa. Meja menganggur yang ada di rumah bisa jadi medium olahraga yang menyenangkan, lho.
"Cari meja yang at least setinggi lutut. Bisa kita gunakan untuk squat, push-up, incline, decline, split lunges, split squat. Kalau mau melakukan gerakan abs juga bisa," jelasnya.
2. Kursi
Anda bisa melatih otot perut dan lengan hanya dengan memanfaatkan kursi. "Ini yang paling gampang ya, karena semua orang punya kursi. Pastikan kursinya kuat untuk menopang. Jangan yang licin dan rapuh," saran Diva.
3. Panci
Panci presto berbahan stainless steel yang ada di dapur bisa beralih fungsi sebagai kettlebell dan dumbbell.
"Gunakan panci yang gagangnya dua dan cukup berat. Bisa melakukan gerakan plank, push up, uneven push up," kata Diva. Super kreatif!
4. Sofa
Sofa rupanya tak hanya bisa dijadikan sebagai tempat untuk bermalas-malasan, lho. Ada banyak gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan.
"Sofa cukup panjang, sehingga Anda bisa melakukan gerakan abs sambil tiduran," ujar Diva. Beragam manuver yang bisa Anda coba adalah Seated Abs, Knee Hugs, Declined Plank, Single Leg Squat, dan masih banyak lagi.


5. Sapu
Lagi-lagi, tak perlu keluar bujet lebih hanya untuk berolahraga maksimal. Sapu bisa Anda sulap sebagai barbel dan partner squat yang luar biasa.
"Sapu diibaratkan seperti barbel. Angkat kedua tangan lurus ke atas dan squat. Gerakan ini sulit sekali meskipun dia ringan. Karena kita harus menjaga core agar bokong bisa turun ke bawah, jadi hitungannya benar-benar seperti body workout. Gerakan ini juga bagus untuk stretching, karena membuat postur tubuh jadi benar," jelas perempuan berambut pendek ini.
6. Botol Mineral Plastik
Tak punya bujet untuk membeli dumbbell sendiri? Anda bisa menyulap botol mineral plastik kosong menjadi dumbbell dalam sekejap.
"Bisa diisi pasir atau air untuk dijadikan dumbbell, bisa pakai ukuran yang satu liter. Bisa melakukan gerakan-gerakan upper body seperti menggunakan dumbbell sungguhan," terangnya. Anda bisa meniru gerakan yang dicontohkan Diva di atas.
7. Tempat Tidur
Sembari berbaring mengumpulkan nyawa sehabis terbangun di pagi hari, Anda juga bisa melakukan beragam gerakan stretching ringan.
"Buat yang malas nih, pas bangun tidur bisa melakukan olahraga untuk abdominal abs. Karena di kasur empuk, sangat cocok untuk orang yang bermasalah dengan tulang ekor. Karena kalau di ubin keras," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: