Pencarian populer

7 Tips Mencerahkan Kulit Gelap Akibat Memakai Bikini

Kulit sehat (Foto: Thinkstock)

Saat berlibur ke pantai, tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan bikini. Pakaian minim satu ini memang kerap digunakan sebagai busana untuk berjemur dan menikmati suasana pantai.

Namun, apa jadinya saat menggunakan bikini, area kulit gelap justru terpampang dengan jelas? Selain merusak penampilan, kulit gelap tersebut tentunya juga akan menurunkan rasa kepercayaan diri.

Namun jangan khawatir, dilansir Boldsky, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencerahkan wilayah kulit gelap pada garis bikini. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya:

1. Tepung Beras

Kandungan senyawa pemutih dalam tepung beras secara efektif mampu menyamarkan perbedaan warna kulit di area tubuh yang tidak tertutup bikini. Siapkan 1 sdt tepung beras, 2-3 sdt susu cair, kemudian campur kedua bahan hingga merata, lalu oleskan ramuan di bagian yang gelap. Gosok perlahan selama beberapa menit, lalu cuci dengan air hangat.

2. Gula Pasir

Ilustrasi gula pasir (Foto: Thinkstock)

Partikel kasar dalam gula tebu sangat berguna untuk menghilangkan sel kulit mati, serta kotoran yang terdapat pada permukaan kulit. Cukup siapkan 1 sdm gula pasir, 2 sdm madu, lalu aduk kedua bahan hingga tercampur. Selanjutnya balurkan pada daerah kulit yang gelap, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk (Foto: pixabay)

Kulit jeruk terkenal dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi, kandungan tersebut berguna untuk mengurangi kulit gelap, serta mencerahkannya. Siapkan 2 lembar kulit jeruk dan 2 sdm air mawar.

Blender kulit jeruk hingga halus, lalu aduk hingga rata dengan air mawar. Oleskan pada permukaan kulit yang diinginkan, dan biarkan selama 10-15 menit hingga mengering. Bilas dengan air hangat sambil digosok-gosok pelan.

4. Lemon

Kulit lemon tinggi akan serat (Foto: Thinkstock)

Jus lemon merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk memutihkan kulit. Tak hanya itu saja, lemon juga dapat memperbaiki tekstur kulit, serta menghilangkan bekas luka. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memutihkan area gelap pada bagian bokongmu. Siapkan bahan di bawah ini:

Siapkan 1 buah lemon segar dan potong menjadi beberapa bagian. Lalu, gosokkan ke seluruh area kulit gelap selama 5-10 menit, kemudian cuci bersih menggunakan air hangat.

5. Pepaya

Buah pepaya. (Foto: Thinkstock)

Kandungan enzim dalam pepaya bermanfaat untuk meremajakan kulit, menghilangkan noda bekas luka, serta mencerahkan permukaan kulit yang gelap. Siapkan setengah pepaya segar dan blender hingga halus. Selanjutnya, oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan dan biarkan selama 10-15 menit agar manfaat pepaya meresap sempurna. Terakhir, bersihkan dengan air hangat.

6. Minyak Vitamin E

Ilustrasi vitamin E (Foto: Pixabay)

Minyak vitamin E secara efektif dapat menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dari kulit. Mengaplikasikan minyak vitamin E pada bagian bokong dapat membantu meratakan, hingga mencerahkan warna kulit. Siapkan bahan di bawah ini:

Cukup siapkan satu kapsul vitamin E dan oleskan pada bagian yang diinginkan. Biarkan meresap selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas dengan air hangat.

7. Bubuk Kunyit

Kantung mata hilang dengan masker kunyit. (Foto: Thinkstock)

Bumbu dapur ini memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit, salah satunya mencerahkan kulit. Menggunakan masker kunyit pada bagian kulit gelap secara rutin dapat mencerahkan dalam waktu singkat. Siapkan 1/2 sdt bubuk kunyit dan campurkan dengan 1 sdm air mawar.

Kemudian, balurkan pada permukaan kulit dan biarkan selama 10-15 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih.

Selamat mencoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36