Pencarian populer
31 Januari 2018 17:04 WIB
0
0
8 Tipe Pramuniaga yang Biasa Kamu Temui di Mal
Pramuniaga (Foto: Thinkstock)
Setiap orang pasti punya pengalaman berbeda saat berbelanja di mal. Entah saat membeli kosmetik, baju, sepatu, gadget, makanan, kebutuhan sehari-hari, hingga sekadar window shopping atau cuci mata.
Untuk menemukan benda yang kamu cari, kamu harus berkeliling dan memasuki toko yang dituju. Dan biasanya, kamu akan disambut oleh pramuniaga atau penjaga toko sedang bertugas.
Saat jam operasional toko berlangsung, seluruh pramuniaga memiliki tugas yang sama. Yaitu membantu dan melayani pelanggan untuk menemukan barang yang diinginkan. Dan berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP) yang ada, tugas ini harus diiringi senyum dan sapaan ramah terhadap pelanggan.
Namun di dunia nyata, realita tak selalu berjalan sesuai harapan. Ada banyak tipe pramuniaga yang kelakuannya mampu membuat kamu geleng-geleng kepala karena takjub.
Berikut ini, kumparan (kumparan.com) merangkum sederet tipe pramuniaga atau penjaga toko yang biasa kamu temui di mal-mal. Seperti apa?
1. Si 'Tukang Kuntit'
Salah satu tingkah pramuniaga yang paling menyebalkan adalah mengikuti ke manapun customer melangkah. Begitu memasuki toko, biasanya kamu akan disambut dengan kalimat "Selamat datang," atau "Mau cari apa, kak?".
Kemudian, sang pramuniaga biasanya akan setia 'mengintil' dan memperhatikan setiap gerak-gerik kamu. Biasanya, ini merupakan tipe pramuniaga yang paling dibenci pelanggan. Apakah kamu salah satunya?

2. Si Aktif
com-Belanja Fashion (Foto: Thinkstock)
Ini merupakan tipe pramuniaga yang disukai banyak orang. Begitu memasuki toko, pramuniaga jenis ini akan menyambut kamu dengan senyum dan sapaan ramah.
Ia juga dengan sigap akan memberi informasi yang penting untuk kamu ketahui. Seperti detail produk terbaru, best seller, hingga promo yang sedang berlangsung.
Ia juga tak segan menawari kamu untuk membuat kartu member guna memperoleh potongan harga atau bonus poin. Pernah bertemu pramuniaga jenis ini?

3. Si Cuek
Tak jarang, kamu juga akan bertemu dengan pramuniaga yang cuek bebek. Meski ada tamu yang memasuki toko, pramuniaga jenis ini biasanya akan bersikap 'masa bodo'.
Biasanya, pramuniaga jenis ini hanya memantau dari kejauhan (biasanya dari meja kasir). Ia baru akan bergerak ketika kamu memanggil atau membutuhkan bantuan.

4. Si Inisiatif Tinggi
Pramuniaga toko. (Foto: Thinkstock)
Ketika kamu masuk ke dalam toko dan berkeliling, sang pramuniaga akan membombardir kamu dengan sederet informasi yang (sesungguhnya) tak kamu butuhkan. Setiap kamu menyentuh sebuah benda, ia secara spontan akan menjelaskan detil soal item tersebut. Mulai dari soal fungsi, kelebihan, hingga harga.
"Kak, itu lagi diskon 10 persen loh," atau "dicoba aja dulu kak," jadi dua kalimat andalan pramuniaga jenis ini.
5. Si Pemalas
Kamu akan merasa sebal ketika bertemu dengan pramuniaga jenis ini. Karena malas mencari, kebiasaan buruk sang pramuniaga adalah langsung menjawab 'enggak ada' atau 'sedang kosong' saat kamu sedang mencari barang. Padahal, ia sama sekali belum mengecek atau mencarinya sama sekali. Pernah punya pengalaman menyebalkan dengan pramuniaga jenis ini?

6. Si Sombong
Membeli Barang Yang Terlalu Mahal (Foto: Pixabay)
Pramuniaga jenis ini jamak kamu temui saat masuk ke butik mahal atau barang bermerek.
"Pernah pas aku masuk ke toko, dilihati dari ujung kepala sampai ujung kaki sama mba-nya. Agak sebel juga sih, kayak menilai gitu," ujar Niken (28), saat diwawancarai oleh kumparan (kumparan.com) pada Selasa (30/1).

7. Si Tukang Ngobrol
Pramuniaga jenis ini biasa kamu temui bergerombol di department store mal-mal besar. Karena keasyikan ngobrol, pramuniaga jenis ini biasanya malah tak mendengar saat kamu memanggil.
Bahkan, kamu harus melambaikan tangan atau memanggil dengan suara kencang agar diperhatikan. Pernah 'dicuekin' oleh si Tukang Ngobrol?

8. Si Jutek
Sama sekali tak ada senyum ramah atau sapaan yang keluar dari mulut si Jutek. Entah karena bad mood atau memang dari sananya, pramuniaga jenis ini akan menjawab pertanyaan kamu dengan ketus.
Permintaan kamu pun akan ditanggapi sekenanya dengan wajah datar. Saking juteknya, kadang pelanggan jadi kehilangan selera berbelanja karena sebal.
Punya pengalaman seputar pramuniaga yang sering kamu temui saat berbelanja? Yuk, bagikan ceritamu di kumparan!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: