kumparan
2 Jan 2018 9:29 WIB

Airfryer Lebih Sehat Ketimbang Penggorengan Biasa, Benarkah?

Airfryer, penggorengan tanpa minyak (Foto: Instagram @powerfulmario & @apto432 )
Rasanya, tak ada satupun yang mampu menyangkal kenikmatan rasa yang dimiliki gorengan. Pada dasarnya, hampir setiap makanan digoreng memiliki rasa yang jauh lebih lezat.
ADVERTISEMENT
Mulai dari kentang goreng, jamur enoki goreng, ayam goreng, udang goreng tepung, hingga pisang goreng. Seluruhnya akan nampak jauh lebih menggiurkan jika digoreng hingga berwarna kuning keemasan.
Apakah kamu merupakan salah satu penggemar gorengan?
Meski memiliki rasa yang nikmat, nyatanya makanan yang digoreng memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Dalangnya terletak pada minyak yang dipakai untuk menggoreng makanan. Jika dikonsumsi terlalu sering, lemak jenuh yang terkandung dalam minyak goreng memicu kolesterol, darah tinggi, jantung, hingga penyakit jantung.
Untuk meminimalisir atau mengurangi dampak buruk makanan yang digoreng, banyak orang beralih menggunakan airfryer, alias penggorengan tanpa minyak.
Penggorengan yang satu ini mampu menggoreng apapun tanpa (atau dengan sangat sedikit) minyak. Dengan demikian, kandungan lemak jenuh pada makanan bisa berkurang hingga 80 persen.
ADVERTISEMENT
Meski diklaim demikian, benarkan airfryer jauh lebih aman dan sehat ketimbang penggorengan biasa (yang menggunakan minyak)?
Loading Instagram...
Natalie Rizzo, R.D., pakar gizi dan diet asal New York, menjelaskan bahwa airfryer memang jauh lebih sehat dibandingkan penggorengan biasa. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh minimnya penggunaan minyak goreng yang jadi sumber masalah.
"Satu sendok minyak mengandung 120 kalori dan 10 gram lemak, dan kamu bisa menggunakannya lebih sedikit (dengan airfryer)," papar Rizzo.
"Bisa untuk menggoreng kentang goreng, nugget ayam, bahkan sayuran," jelasnya lagi.
Loading Instagram...
Airfryer memang bisa jadi solusi bagi kamu pecinta makanan yang digoreng, namun tetap ingin menjalani pola hidup sehat/diet. Meski demikian, Rizzo tetap mengatakan bahwa tak ada yang lebih baik ketimbang menyantap hidangan yang direbus atau dipanggang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, menggoreng menggunakan airfryer menjadikan rasa gorengan tak senikmat gorengan biasanya. Tekstur makanan bisa jadi amat crunchy atau justru lembek.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan airfyer, bagaimana pendapat kamu? Tertarik mengurangi penggunaan minyak goreng dan menggantinya menggunakan airfryer?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan