kumparan
8 Sep 2017 10:32 WIB

Anak Introvert Juga Bisa Menjadi Sosok yang Periang

Ilustrasi anak pendiam. (Foto: Thinkstock)
Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.
Pribahasa ini rasanya cocok dikaitkan dengan sifat turunan yang dimiliki seorang anak dari orang tuanya. Karena pada hakekatnya, seorang anak akan menuruni sifat yang menyerupai pribadi orang tua mereka.
ADVERTISEMENT
Tak terkecuali sifat introvert atau extrovert yang kemungkinan besar akan dimiliki oleh seorang anak. Namun, sayangnya kebanyakan orang tua ternyata belum mengetahui jika kedua kepribadian juga bisa mengalir ke jiwa buah hati mereka.
Orang tua seringkali merasa khawatir jika anak mereka mempunyai sifat pendiam yang langsung dikaitkan dengan pribadi introvert. Karena setiap orang tua pastinya ingin anak-anaknya menjadi sosok yang periang dan bisa bergaul dengan teman sekitarnya.
Ilustrasi anak introvert (Foto: Thinkstock)
Psikolog Ajeng Raviando menilai bahwa orang tua tak boleh lantas menilai anak mereka sebagai pribadi yang introvert karena alasan sifat pendiam yang ditunjukkannya.
"Anak introvert itu tidak selalu pendiam atau bahkan tidak percaya diri. Karena bisa saja mereka akan merasa sangat percaya diri pada bidang yang mereka kuasai namun sayangnya orang tua tidak bisa melihat dari sisi ini," terang Ajeng saat ditemui kumparan (kumparan.com) beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Sebelum menilai kepribadian anak, Ajeng menyarankan agar para orang tua mengulik sifat mereka terlebih dahulu dan mencari tahu apakah sifat yang dimiliki oleh anak mereka berasal dari diri mereka atau tidak.
Orang tua dan anak yang introvert (Foto: Thinkstock)
Pribadi introvert bukanlah suatu hal yang buruk dan tak perlu dikhawatirkan karena pada sejatinya, pribadi introvert juga tak akan melulu menjadi sosok yang pendiam.
"Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa sifat introvert bisa diturunkan. Namun, orang tua tak perlu panik karena seiring berjalannya waktu, sifat ini nantinya bisa berubah," jelas Ajeng.
"Pengaruh lingkungan seperti kebutuhan pekerjaan akan membuat seseorang bisa berubah, tak terkecuali pribadi introvert yang mungkin saat kecilnya dirinya sangat pemalu atau pendiam, tapi nanti ketika sudah besar dirinya bisa menjadi sosok yang mudah bergaul dan bahkan berubah menjadi pribadi yang periang," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Anak dengan pribadi introvert juga diungkapkan Ajeng sebagai sosok yang juga nantinya bisa mendulang kesuksesan. Karena menurutnya, cara berpikir anak introvert berbeda dengan anak lainnya, yaitu lebih dalam dan detail dalam memikirkan sesuatu
Bila anak Anda termasuk ke dalam pribadi yang introvert, sebaiknya tak perlu khawatir. Sebagai orang tua, Anda harus bijak dalam menyikapi sifat introvert anak agar mereka tetap bisa melakukan hal yang positif.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·