kumparan
27 Jan 2019 16:34 WIB

Apa Perbedaan Antara Body Butter dan Body Lotion?

Body peel untuk eksfoliasi kulit (Foto: thinkstockphotos)
Salah satu ciri kulit yang sehat adalah kulit yang lembab setiap saat. Oleh karena itu menjaga kelembapan kulit menjadi hal yang amat penting. Terutama bagi kita yang hidup di negara yang beriklim tropis.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sudah pasti pengaruh cuaca dan polusi juga dapat membuat kulit semakin kering bahkan menimbulkan sisik hingga iritasi pada kulit.
Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini Anda pun bisa menemukan berbagai produk yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit seperti body lotion dan body butter.
Sama-sama bermanfaat untuk melembabkan kulit, namun rupanya terdapat perbedaan mendasar dari kedua pelembab ini. Banyak orang juga masih bingung mengenai perbedaan antara kedua produk perawatan kulit ini.
Body Lotion
Varian pelembab yang satu ini tentu sudah tak asing lagi ditelinga. Body lotion memang lebih sering ditemui dan digunakan kebanyakan orang.
Tekstur body lotion ini paling encer jika dibanding dengan pelembab kulit lainnya terutama body butter. Body lotion merupakan pilihan paling tepat untuk melembabkan seluruh tubuh. Selain itu, body lotion juga baik digunakan bagi Anda yang berkulit normal cenderung kering serta tidak terlalu bermasalah.
Lotion (Foto: Thinstock)
Kandungan minyak yang cukup rendah pada body lotion, membuatnya tidak meninggalkan rasa lengket dan mudah diserap kulit. Karena itu tekstur body lotion adalah yang paling ringan jika dibandingkan dengan pelembab tubuh lainnya.
ADVERTISEMENT
Untuk memilih body lotion yang baik pilihlah yang sifatnya tidak terlalu berminyak dan menyerap lebih cepat. Selain itu aplikasikan setidaknya dua kali dalam sehari, yakni pada pagi hari setelah mandi dan malam hari menjelang tidur.
Body Butter
Body butter memiliki tekstur sangat pekat menyerupai mentega. Berbeda dengan body lotion, body butter memiliki konsistensi cairan yang lebih kental dan terasa cukup berat di kulit. Penyerapan body butter ke kulit pun cukup lama, yakni bisa memakan waktu dua hingga tiga jam. Hal ini disebabkan karena kandungan minyaknya yang lebih tinggi yakni lemak nabati yang berasal dari kacang-kacangan.
Gunakan pelembab. (Foto: Thinkstock)
Oleh karena itu, body butter akan lebih pas digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering atau yang mengalami kerusakan seperti kulit pecah-pecah.
ADVERTISEMENT
Karena tekstur yang lebih pekat, body butter juga sangat bagus digunakan untuk menghadapi ruangan bersuhu dingin. Jika Anda lebih sering beraktivitas di dalam ruangan ber-AC, pastikan selalu menyediakan body butter di meja kerja Anda. Selain itu body butter juga baik digunakan pada malam hari sebelum tidur agar di pagi hari kulit Anda kembali lembap.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan