Pencarian populer

Bincang Kecantikan: Pentingnya Tidur untuk Kulit yang Sehat

Tidur berkualitas sangat penting untuk kecantikan kulit anda. (Foto: Shutterstock)
Bukan pengetahuan baru lagi bahwa kualitas tidur memiliki pengaruh yang sangat penting bagi kecantikan kulit. Pada saat tidur, tubuh kita melakukan perbaikan sel-sel dan melakukan regenerasi. Proses ini tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan berbagai organ tubuh, namun akan langsung tampak pada kondisi kulit kita yang menjadi ‘etalase’ utama tubuh.
ADVERTISEMENT
Untuk tahu lebih lanjut bagaimana pengaruh kualitas tidur kita terhadap kesehatan kulit, kumparanSTYLE berbincang dengan Dermatologis, Kosmetologis dan Nutrisionis Juliana Yu, MD.H NH. Pemilik House of Herbal Skinovation ini juga memberi tips simpel bagaimana merawat kulit bagi Anda yang sibuk dan seringkali kurang tidur.
Simak perbincangan singkat kami berikut ini.
Apa yang terjadi pada kulit (terutama kulit wajah) ketika kita kurang tidur?
Seperti kita ketahui, kekurangan tidur secara otomatis akan mengurangi supply oksigen ke bagian penting tubuh kita, yaitu otak. Dengan menurunnya supply oksigen, maka sel sel di otak akan menjadi cepat rusak dan akan mengakibatkan masalah di kemudian hari. Nah, di samping pengaruh terhadap sel-sel di otak, tentu saja, secara jelas penampilan kita juga akan terlihat jelas berbeda. Yang paling kelihatan biasanya adalah mata, ‘mata panda’, kemudian kulit menjadi lebih sayu atau mengering, pori-pori menjadi lebih besar dan wajah cepat kuyu atau menurun dan melebar (sagging).
ADVERTISEMENT
Bagaimana standar tidur yang pas bagi kulit sehat dan indah ?
Standar tidur tentu saja 8 jam sehari. Tetapi seiring bertambah usia, maka waktu tidur semakin berkurang bagi banyak orang. Bahkan ada (klien saya) yang mengaku sudah tidak bisa tidur nyenyak selama beberapa tahun belakangan.
Sebenarnya panjang waktu tidur tidak ada kaitan dengan bertambahnya usia seseorang. Hal tersebut lebih disebabkan oleh semakin banyaknya pikiran kecemasan ketika kita bertambah usia. Banyak pikiran atau kecemasan menjadi penghalang untuk tidur yang nyenyak
Dermatologis, Kosmetologis & Nutrisionis Juliana Yu, MD.H NH. (Foto: Dok. Juliana Yu)
Apa perawatan kulit dasar yang bisa Anda sarankan bagi perempuan urban yang sangat sibuk dan cenderung mudah stres dan kurang tidur ?
Begini, yang namanya stres sudah bisa kita terima sebagai bagian kehidupan bagi banyak orang. Deadline, entertaining sahabat dan rekan bisnis, kerja larut malam, semua itu merupakan contoh-contoh kehidupan kita yang semakin ‘hectic’
ADVERTISEMENT
Jika kita memang sibuk, cukup lakukan basic beauty routine, yang sebenarnya 'as simple as you blink your eyes.' Membersihkan wajah merupakan bagian terpenting untuk tahapan awal kulit cantik alami. Kemudian yang namanya Exfoliating Gel jangan dianggap remeh lho. Wajah yang kusam perlu di-polish. Tetapi ingat, yang saya maksud adalah berbentuk gel, berbahan alami, bisa ginseng, jasmine rice atau beras, jadi go natural. Bahan- bahan ini akan membuat wajah kita cerah seketika, warna menjadi merata, dan bekas-bekas hitam di wajah akan memudar.
Kemudian jangan dilupakan yang namanya sabun wajah. Saya sangat menganjurkan double cleansing, tetapi diperhatikan juga jika saat wajah terasa kering, maka sabun bisa dihindari menjadi dua hari sekali, tetapi tetap gunakan cleansing milk ataupun cleansing lotion. Ini tetap menjadi perawatan yang utama. Setelah wajah bersih, jangan lupa untuk memakai toner. Pilihlah toner yang memiliki fungsi signifikan untuk kulit, misalnya untuk kelembapan ( collagen toner ), balance sensitivity (licorice toner ), mengecilkan pori pori (switch hazel toner) yang kemudian dilanjutkan dengan moisturizer dan sunblock saat akan beraktivitas dan hanya night cream jika di malam hari. Cukup simple bukan?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80