Pencarian populer

Christopher Bailey Terima Penghargaan Kedua dari Kerajaan Inggris

Desainer Christopher Bailey. (Foto: Dok. Famous Fashion Designers)

Untuk kedua kalinya, Christopher Bailey menerima penghargaan dari Kerajaan Inggris. Desainer berusia 47 tahun ini masuk dalam daftar New Year's Honors 2019 yang dirilis Ratu Elizabeth II. Semua berkat kiprahnya yang selama 16 tahun setia mengabdi kepada rumah mode asli Inggris, Burberry.

Christoper sendiri memulai karier sebagai perancang busana pada 1994. Selama dua tahun, ia menjabat sebagai womenswear designer untuk Donna Karan.

Setelah itu, pria kelahiran Yorkshire ini berpindah ke Gucci untuk menapaki jenjang karier sebagai senior designer of womenswear. Christopher bertahan di Milan selama enam tahun.

Selepas dari Gucci, barulah Christopher Bailey menemukan 'rumah' sejatinya di Burberry. Christopher bahkan mendirikan Burberry Foundation pada 2008 untuk membantu anak muda mengasah kreativitas dan mewujudkan mimpi masing-masing.

1 Mei 2014 jadi momentum besar dalam perjalan karier Christopher Bailey sebagai desainer. Ia berhasil menjabat sebagai CEO Burberry, menggantikan Angela Ahrendts yang berpindah ke Apple.

Desainer Christopher Bailey. (Foto: Dok. World Building Institute)

Di tangan Christopher, Burberry semakin bersinar dan berkembang luar biasa. Namun pada 2018, Christopher Bailey mengejutkan publik karena memutuskan hengkang dari Burberry. Marco Gobbetti pun ditunjuk untuk menggantikan posisinya sebagai CEO.

New Year's Honors 2019 merupakan apresiasi kedua yang ia terima dari Kerajaan Inggris. Sebelumnya pada 2009, Christopher dianugerahi Master of the Most Excellent Order of the British Empire (MBE) berkat kerja kerasnya memajukan industri fashion Inggris.

Meski kini ia telah pensiun dari Burberry, nyatanya Kerajaan Inggris tetap memandang warisan Christopher sebagai hal yang perlu diapresiasi. Nama Christopher disandingkan dengan 1,147 tokoh penting dan sosok berjasa lainnya di Inggris.

Gerai fashion Burberry (Foto: Niklas HALLEN / AFP)

Selain dari Kerajaan Inggris, Christopher juga mengantongi segudang penghargaan lainnya. Seperti International Award 2010 dari Council of Fashion Designers of America (CFDA), Honorary Doctorate dari Sheffield Hallam University, Menswear Designer of the Year 2008 dari British Fashion Awards (UK), dan masih banyak lagi.

Selamat untuk Christopher Bailey!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63