Pencarian populer

Daftar Universitas Swasta di Indonesia yang Buka Pendaftaran (Bag II)

Ilustrasi Universitas Swasta (Foto: Thinkstock)

Mungkin bersekolah di perguruan tinggi negeri menjadi salah satu pencapaian terbesar seorang anak. Namun, nasibmu tidak akan ditentukan hanya dengan berhasil bersekolah di PTN karena sejatinya, kesuksesan tak diukur dari sekolah mana kamu berasal melainkan dari kegigihanmu dalam berusaha.

Jika perguruan tinggi negeri bukanlah jawabannya, maka kamu bisa memilih perguruan tinggi swasta yang juga menawarkan program pendidikan yang tak jauh berbeda dengan PTN yang kamu inginkan. Inilah 7 universitas swasta bergengsi yang bisa kamu tuju selepas lulus SMA:

1. STIKOM The London School of Public Relations (LSPR)

Loading Instagram...

Perguruan tinggi ilmu komunikasi swasta ini telah dikenal lama sebagai kampus yang menawarkan programa pendidikan dalam bidang komunikasi yang patut dipertimbangkan. Konsentrasi jurusan yang ditawarkan oleh kampus yang berlokasi di kawasan Sudirman, Jakarta, ini terdiri dari Mass Communication, Public Relations, Marketing, Digital media & advertising, International Relations dan Performing Arts of Communication. Namun, pada tahun 2016 lalu STIKOM LSPR menambah 3 jurusan baru yaitu tourism & hospitality communication, entrepreneurship business communication, dan maritime communication.

2. Swiss German University (SGU)

Loading Instagram...

Universitas yang disponsori Foundation (Yayasan Swiss Jerman University-Asia) ini berlokasi di BSD, Tangerang Selatan. Didirikan tahun 2000 lalu, SGU menyediakan beberapa jurusan favorit di antaranya, Teknik Industri, Teknologi Pangan, Teknik Informatika, Akuntansi, Komunikasi, Administrasi Bisnis dan Manejemen Perhotelan.

SGU memiliki misi yaitu mengembangkan tenaga profesional untuk memenuhi kebutuhan lulusan yang berkualitas untuk memperkuat hubungan antara Asia dan Eropa. Bagi kamu yang berminat bersekolah di SGU, kampus ini masih membuka pendafataran penerimaan mahasiswa baru sampai Juli 2017.

3. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Salah satu perguruan tinggi swasta yang sudah berdiri sejak 1961 ini dikenal sebagai kampus yang menyediakan jurusan kedokteran gigi yang patut diperhitungkan. Kampus yang dikenal dengan sebutan Kampus Merah Putih ini juga menyediakan beberapa jurusan favorit di antaranya Hubungan Internasional, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi dan Magister Ilmu Komunikasi. Kampus utamanya berlokasi di Jalan Hang Lekir, Jakarta Pusat, dan memiliki beberapa cabang kampus yang tersebar di wilayah Bintaro, Jakarta Selatan.

Universitas Moestopo membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan total 6 gelombang hingga tanggal 5 Agustus 2017 mendatang.

[Baca juga: Daftar Universitas Swasta di Indonesia yang Buka Pendaftaran (Bag I)]

4. Universitas Pancasila (UP)

Loading Instagram...

Perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, ini menawarkan beragam jurusan favorit seperti Hukum dan Farmasi. Keduanya menjadi jurusan terfavorit yang memiliki akreditasi A dan patut disandingkan dengan jurusan yang sama di PTN.

Selain dua jurusan tersebut, kampus dengan almamater biru mencoloknya itu menawarkan beberapa jurusan lain seperti Akutansi, Manajemen, Teknik Sipil, Komunikasi, dan Psikologi. Universitas Pancasila memberikan kesempatan calon maba untuk mengikuti seleksi tes ujian mandiri gelombang III yang akan diadakan mulai tanggal 8 Juli, 5 dan 18 Agustus 2017.

5. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Loading Instagram...

Kampus yang sering disingkat dengan nama Unika Atma Jaya ini berlokasi di jantung ibukota, yaitu kawasan Semanggi, Jakarta Selatan. Unika Atma Jaya menawarkan beberapa prodi jurusan favorit yang bisa kamu pertimbangkan, di antaranya Akuntansi, Manajemen, Teknik Industri, Ilmu Komunikasi, Teknologi Pangan, dan Psikologi menjadi jurusan paling diminati.

Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1960 ini membuka pendaftaran ujian mandiri sampai tanggal 16 Juni 2017 mendatang.

6. Universitas Kristen Petra

Loading Instagram...

Universitas yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, ini merupakan perguruan tinggi swasta yang menawarkan beberapa jurusan favorit, di antaranya Sastra Inggris, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknologi Informasi, Akuntansi Bisnis dan Manajemen Kepariwisataan. Universitas yang mengusung moto "A Caring and Global University with Commitment To Christian Values" itu telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak universitas internasional, seperti Ewha Woman's University (Korea Selatan), Curtin University (Australia) dan Aoyama Gakuin University (Jepang).

7. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Loading Instagram...

Salah satu universitas swasta yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ,ini sudah lama terkenal dengan jurusan kedokterannya yang sangat diminati. Telah berdiri sejak tahun 1964, UMM atau yang biasa disebut sebagai kampus putih ini menawarkan jenjang pendidikan D3, S1, S2, S3 dan Profesi. Perguruan tinggi swasta yang juga dikenal dengan kampusnya yang megah ini menyediakan beberapa jurusan favorit, di antaranya Ilmu Komunikasi, Teknik Industri, Pendidikan Bahasa Inggris, Akuntansi, Peternakan, Psikologi, Hukum, Ilmu Keperawatan dan Farmasi.

UMM masih membuka kesempatan calon maba untuk mengikuti ujian mandiri dengan mengikuti ujian gelombang 2 yang dimulai sejak 22 Mei dan masih berlangsung hingga 14 juli 2017 mendatang.

8. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB)

Loading Instagram...

Dulunya STPB dikenal dengan nama NHI (dibaca: Enhai) dan merupakan perguruan tinggi yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata. Setiap tahunnya, jurusan yang ditawarkan oleh STPB ini selalu diminati oleh para lulusan SMA yang ingin berkarir di bidang perhotelan.

Berlokasi di kawasan Setiabudhi, Bandung, STPB menyediakan tiga pilihan jurusan yaitu Hospitality, Kepariwisataan, dan Perjalanan, dengan program D3, D4, S1 dan S2. STPB telah mencetak lulusan ahli masak yang sering menghiasi layar televisi nasional.

[Baca juga: Unpad Terfavorit di SBMPTN 2017, Disusul UI dan Unibraw]

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: