kumparan
24 Apr 2019 13:14 WIB

Fitriyani Bukri, Perempuan Indonesia Sukses Berkarier di Alibaba Group

Fitriyani Bukri bersama dua rekan kerjanya di Alibaba Group. Foto: dok. Fitriyani Bukri
Di era modern saat ini, perempuan tidak lagi memiliki batas untuk bisa mengekspresikan diri dan meraih prestasi apapun sesuai dengan impian. Semakin banyak perempuan Indonesia yang berhasil membangun karier impian mereka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah Fitriyani Bukri, perempuan asal Makassar yang berhasil menduduki posisi yang cukup strategis di kantor pusat Alibaba Group, Hangzhou, China, sebagai Brand and Social Media Specialist AliExpress.
Bagi Fitriyani, bekerja di perusahaan raksasa asal China ini merupakan sebuah tantangan baru dalam perjalanan kariernya. “Mendengar banyak cerita tentang betapa besarnya tantangan bekerja di Alibaba, saya berpikir bahwa inilah tantangan yang selama ini saya cari. Sejalan dengan semakin pentingnya Indonesia bagi Alibaba, maka kesempatan pun terbuka bagi saya ketika ada lowongan di AliExpress untuk menangani konsumen AliExpress di Indonesia,” ungkap Fitri saat bercerita tentang awal kariernya di Alibaba.
Proses menembus Alibaba Group bukanlah hal yang mudah. Fitriyani harus melalui beberapa proses wawancara dan tes tertulis. Belum lagi ia tidak memiliki pengalaman bekerja di industri e-commerce. Namun hal itu tidak membuat semangat perempuan 36 tahun ini gentar. Untuk membekali diri, ia menyempatkan waktu khusus selama dua minggu untuk belajar dengan teman-temannya yang sudah berpengalaman di industri digital tersebut sebelum melamar.
Fitriyani Bukri meraih penghargaan dari Alibaba Group. Foto: dok. Fitriyani Bukri
Berkat kegigihannya, Fitri diterima bekerja di Alibaba dan membangun karier cemerlang sejak 2014 lalu. Ada beberapa posisi strategis yang sempat ia duduki, mulai dari Lead AliExpress Service Strategy, menjadi tim Customer Experience Transformation, hingga di posisinya sekarang ini yang menangani segala hal yang berhubungan dengan media sosial di Alibaba Group. Lima tahun bekerja disana, ia pun berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dari Alibaba Group.
ADVERTISEMENT
Fitriyani menjadi salah satu bukti bahwa perempuan Indonesia juga mampu mendobrak batas dengan sukses berkarier di perusahaan internasional.
Terinspirasi oleh sosok Jack Ma
Fitriyani Bukri bersama Jack Ma dan karyawan perempuan dari berbagai negara yang bekerja di Alibaba Group. Foto: dok. Fitriyani Bukri
Fitriyani Bukri menamatkan pendidikan S1 di Universitas Hasanudin, Makassar dan menyandang gelar diploma Bahasa Mandarin dari Xiamen University, Tiongkok. Fitri memulai kariernya sebagai senior process executive di perusahaan retail multinasional P&G, dan setelah itu menjadi channel specialist group di Cisco, perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat.
Dua pekerjaan tersebut memang sangat bertolak belakang dengan apa yang ia jalani sekarang di Alibaba Group. Menurut Fitriyani, ada dua hal yang membuatnya tertarik untuk berkarier di Alibaba. Selain karena Alibaba Group merupakan sebuah perusahaan teknologi terkemuka dan sangat berpengaruh di dunia, ia mengaku juga terinspirasi oleh sosok sang pendiri, Jack Ma.
ADVERTISEMENT
“Saya sangat mengagumi dan terinspirasi oleh sosok Jack Ma. Tak hanya itu, Alibaba juga membuka begitu banyak kesempatan ekonomi bagi masyarakat menengah ke bawah, perempuan, dan pebisnis di China ataupun di seluruh dunia. Saya percaya dengan menjadi bagian dari Alibaba, saya tidak akan hanya bekerja, tapi juga memberikan kontribusi positif,” tutur Fitri.
Bekerja di Alibaba Group ternyata cukup menjawab tantangan yang selama ini dicari oleh Fitriyani. Ia pun belajar mengenai berbagai hal. Mulai dari keahlian dalam dunia digital, terutama media sosial, hingga memahami banyak budaya yang membantunya dalam membaca pattern user behavior.
“Modal saya untuk menekuni pekerjaan tersebut adalah keahlian social media, kemampuan multi bahasa (Indonesia, Inggris, dan Mandarin), juga pelajaran budaya yang saya timba di beberapa negara. Hal tersebut sangat membantu dalam membaca pattern user behavior. Karena posisi awal saya terkait langsung dengan pasar di Indonesia, maka sosok saya sebagai orang asli Indonesia juga menjadi faktor yang penting. Karena untuk dapat bersama Alibaba Group, kita harus memiliki keunikan, determinasi, dan kesesuaian dengan kultur serta nilai-nilai perusahaan.”
ADVERTISEMENT
Selain itu, menurut Fitriyani diperlukan juga daya juang dan adaptasi tinggi untuk bisa berkarier di sebuah perusahaan raksasa dan hidup di negeri asing, terutama karena budaya kerja dan budaya sosial yang jelas-jelas berbeda.
Fitriyani Bukri, perempuan Indonesia yang sukses berkarier di Alibaba Group. Foto: dok. Fitriyani Bukri
Ketika diminta menggambarkan dengan satu kalimat pendek, bagaimana rasanya bekerja di Alibaba Group, ia mengatakan bahwa bekerja disana sangat intense, namun juga sangat menyenangkan. Karena di Alibaba karyawan diberi berbagai fasilitas penunjang, salah satunya gymnasium yang menjadi tempat favorit Fitri.
“Setiap hari kita sibuk bekerja, menggunakan laptop dan peralatan lainnya, terlalu banyak waktu dihabiskan untuk duduk di depan layar. Agar stamina dan kesehatan tubuh tetap terpelihara, saya bersama teman-teman lain menghabiskan paling tidak tiga kali dalam seminggu, masing-masing 45 menit, untuk melakukan kardio,” ceritanya.
ADVERTISEMENT
Fitri sendiri bersama para pegawai asing lainnya, pernah diundang untuk bertemu dengan pendiri Alibaba Group, Jack Ma. “Secara khusus beliau mengundang kami untuk bertemu dan sekadar berbincang tentang bagaimana kami sebagai pegawai asing dapat beradaptasi dengan kultur bangsa China dan kultur Alibaba. Selain itu, beliau juga berharap agar kami dapat menjadi pionir untuk membantu tim lokal mengenal lebih jauh mengenai cara pandang atau berpikir rekan kerja yang berasal dari negara lain.”
Meski sangat senang menikmati kehidupannya di Hangzhou, Fitriyani mengaku ia sangat merindukan keindahan alam dan ragam budaya negerinya sendiri. Hal utama yang paling ia rindukan adalah kuliner Indonesia terutama dari kampung halamannya Makassar.
Simak cerita perempuan inspiratif lainnya hanya di topik sheinspiresme.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan