Pencarian populer

Hubungan Tak Direstui Orang Tua? Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Hubungan Tidak Direstui Orang Tua (Foto: Thinkstock)

Dalam sebuah hubungan, restu orang tua adalah segalanya. Namun, tak sedikit dari pasangan yang justru belum mendapatkan restu dari orang tua saat mereka memutuskan untuk melenggang ke pernikahan.

Latar belakang hingga perbedaan suku dan agama, menjadi deretan alasan kenapa restu orang tua tak kunjung didapat. Tak ingin dijadikan sebuah penghambat, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk mempertahankan hubungan meskipun restu orang tua belum dikantongi.

Padahal, tanpa adanya restu orang tua, sebuah hubungan seringkali tak berjalan dengan mulus. Jika ingin hubungan romansa ini diakui dan direstui, maka satu hal yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah dengan meluluhkan hati orang tua. Karena bagaimana pun, mereka tentu akan luluh jika ada usaha yang kamu dan si dia tunjukkan secara bersama-bersama.

Lantas, cara seperti apa yang bisa kamu lakukan demi menaklukkan hati orang tua? Dilansir laman Huffington Post, berikut 5 cara yang bisa kamu upayakan dalam meluluhkan hati orang tua:

1. Tetap Melakukan Tatap Muka dengan Orang Tua

Hubungan yang tidak mendapatkan restu orang tua tentu akan membuat pasangan canggung saat 'dipaksa' bertatap muka dengan mereka. Tak perlu cemas, biarkan suasana canggung ini menyelimuti pertemuan mereka.

Kamu memang tak bisa memaksakan orang tua untuk menyukai kekasihmu. Tapi dengan menunjukkan iktikad baik, yaitu bertemu dengan orang tuamu, maka kamu sudah menunjukkan jika kalian tak pernah main-main dengan hubungan yang tengah dijalin. Saling menghargai dan bersikap sopan adalah cara terbaik dalam memulai langkah untuk meluluhkan hati orang tua.

2. Menjelaskan Tujuan Hubungan Kalian

Penjelasan di awal hubungan mungkin sudah kamu lakukan, namun jika belum ada titik terang dari percobaan tersebut, maka kamun harus tetap mencobanya kembali.

Katakan kepada orang tua mengenai alasan kenapa kamu ingin menikah dengannya. Ubah ekspektasi mereka dengan menjelaskam berbagai kemungkinan positif yang bisa ditunjukkan saat kamu dan dia sudah menikah.

Meski begitu, kamu tetap harus mengetahui peran orang tua dalam hubungan kalian. Tak perlu terburu-buru, karena hal ini harus dilakukan secara bertahap dan pelan-pelan.

Melihat tanggapan orang tua tentang dia (Foto: Thinkstock)

3. Mencari Tahu Alasan Kenapa Orang Tua Tidak Menyetujui Hubungan Kalian

Sambil mencoba menjelaskan kepada orang tua, kamu bisa mencoba mencari tahu apa alasan yang menyebabkan mereka enggan memberikan restunya kepada hubungan kalian.

Jika penyebabnya masih bisa diperbaiki, maka cepatlah untuk memperbaikinya agar pandangan orang tua terhadap pasangan kamu bisa berubah.

Tapi, jika penyebabnya bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah kamu perbaiki, maka cobalah untuk menemukan solusi lain dalam mengatasi hal tersebut. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam hubungan ini.

4. Mencoba untuk Meminta Bantuan Orang Lain

Orang tua masih tidak luluh dengan semua cara yang sudah kamu terapkan? Mungkin, dengan bantuan orang lain bisa membantu mencairkan suasana antara orang tua dengan pasangan kamu.

Meminta bantuan teman atau saudara untuk berbicara empat mata dengan orang tuamu merupakan bentuk cara lainnya untuk meluluhkan hati orang tua.

Seringkali, orang tua akan mendengarkan pendapat orang lain mengenai alasan kenapa mereka harus menyutujui hubungan kamu dan pasangan. Untuk itu, carilah orang yang benar-benar bisa menjelaskan dengan baik secara jelas dan tepat.

5. Jangan Merasa Stres Terhadap Situasi Ini

Pada akhirnya, semua usaha tidak ada yang sia-sia. Meski, saat ini orang tua masih berkata tidak, maka jangan jadikan hal ini penghambat. Sebaliknya, jadikan penolakan ini sebagai upaya dalam meningkatkan kasih sayang kamu terhadap si dia.

Pembuktian kepada orang tua masih bisa kamu lakukan di kemudian hari. Menikah tak hanya tentang dua insan manusia saja, tapi melibatkan seluruh keluarga besar. Jika restu orang tua masih belum bisa didapat, setidaknya kamu sudah menunjukkan iktikad baik dalam meyakinkan mereka terhadap hubungan kalian.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: