• 2

Jangan Waxing Sembarangan jika Tak Ingin Alami Hal Ini

Jangan Waxing Sembarangan jika Tak Ingin Alami Hal Ini


Waxing

Waxing (Foto: Dok. Thinkstock)
Kulit mulus tanpa bulu merupakan impian hampir setiap perempuan. Untuk menghilangkan rambut halus yang tumbuh di permukaan kulit, proses waxing yang menyakitkan pun rela ditempuh.
Waxing sejatinya merupakan proses pencabutan rambut halus atau bulu yang tumbuh pada area tubuh tertentu. Seperti ketiak, lengan, betis, punggung, hingga bikini line.
"Waxing itu yang pertama dikenal adalah sugar wax, menggunakan gula yang dikaramelisasi. Caranya, sugar wax dioleskan ke kulit, ditempeli kain, lalu dicabut," jelas Juliana Yu, MD.H,NH, saat dihubungi kumparanSTYLE (kumparan.com) beberapa waktu lalu.
Sayangnya, hasil waxing tidak bersifat permanen karena tak mampu mencabut rambut hingga ke akarnya, bulu akan kembali tumbuh dua minggu kemudian. Hanya saja, bulu yang tumbuh cenderung lebih halus dan tipis.
Untuk Anda yang sedang berencana waxing, sebaiknya hati-hati dalam memilih klinik atau waxing house yang tepat. Karena jika tidak dilakukan dengan baik, waxing bisa memicu terjadinya iritasi dan inflamasi pada kulit.

Waxing

Waxing (Foto: thinkstock)
Bahkan dalam beberapa kasus, sugar wax yang terlalu panas bisa menyebabkan infeksi. Gejalanya, kulit pada area waxing terasa gatal, panas, serta berwarna kemerahan dan bengkak.
Pasca waxing pun, kulit cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Dilansir Bustle, hal ini dikarenakan sel kulit mati yang turut terangkat saat waxing dilakukan. Kulit akan tampak sedikit kemerahan selama satu atau dua hari setelah waxing.
“Setelah waxing, kulit Anda biasanya akan kemerahan akibat iritasi,” ujar Cynthia Chua, pendiri Ministry of Waxing pada Cosmopolitan. Anda juga disarankan untuk menghindari menggaruk kulit yang terasa gatal sehabis waxing.
Yang perlu Anda ketahui, Akan selalu ada risiko terjadinya ingrown hair saat melakukan waxing. Ingrown hair merupakan rambut yang tumbuh ke arah berlawanan, sehingga menyebabkan permukaan kulit jadi tak rata.
“Dengan waxing, Anda menarik rambut dari akarnya, dan jika dilakukan terus-menerus akan merusak akar rambut, sehingga rambut bisa tumbuh ke arah dalam (ingrown hair) dengan tekstur berbeda,” paparnya lagi.
Untuk meminimalisir dan menghindari efek buruk akibat cara waxing yang salah, pilihlah waxing house terpercaya dengan reputasi yang baik. Juga jangan tergiur harga murah dan melakukan sugar waxing sendiri di rumah.

LifestyleBeautyWaxingTren Kecantikan

presentation
500

Baca Lainnya