Pencarian populer

Kata Siapa Hobi Nggak Bisa Jadi Profesi?

Percaya atau tidak, sebagian besar orang di Indonesia melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passionnya. Tanpa memikirkan soal idealisme, kamu pun cenderung memilih pekerjaan di perusahaan yang sudah mapan, atau bahkan bekerja di mana saja yang penting mendapat penghasilan tetap setiap bulannya.
ADVERTISEMENT
Setelah diterima bekerja, kamu pun akan terjebak dalam rutinitas tersebut. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu pun harus tetap menjalaninya, walaupun pekerjaan tersebut bukan merupakan passion-mu. Berbicara soal passion, setiap orang pasti memiliki passion masing-masing dalam hidupnya. Bahkan sadar ataupun tidak, passion tersebut sebenarnya bisa jadi tambang emas untuk lepas dari dunia pekerjaan yang monoton. Nggak percaya? Coba simak beberapa hobi yang bisa menghasilkan uang ini!
Penulis
com-Penulis (Foto: Thinkstock)
Buat kamu yang memiliki hobi nulis, banyak pekerjaan asyik yang sangat cocok untukmu. Mulai dari travel blogger, movie reviewer, food blogger, dan masih banyak freelance lainnya yang membutuhkan keahlianmu. Asyiknya jadi penulis, kamu pun bisa meremote pekerjaan dari mana saja.
Photographer
com-Fotografer (Foto: Thinkstock)
Kalau yang hobi dengan fotografi, mending mulai dari sekarang kamu tekuni bidang tersebut. Soalnya, seiring meningkatnya kebutuhan eksis di sosial media, kini makin banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer. Mulai dari untuk pre-wedding, hingga travel photographer yang memungkinkanmu untuk jalan-jalan gratis plus digaji pula. Asyik banget kan?
ADVERTISEMENT
Desainer
com-Desainer (Foto: Thinkstock)
Menjadi seorang desainer khususnya untuk desain grafis, semuanya berawal dari hobi mengutak-atik photoshop. Ketika kamu sudah serius menekuni bidang ini, gaji yang kamu dapatkan bisa jadi lebih besar dari orang kantoran loh! Sama seperti penulis, pekerjaan sebagai desainer juga bisa dilakukan dimana saja. Jadi nggak perlu terikat sama jam dan juga tempat kerja. Tapi satu hal, kamu harus taat dengan deadline.
Party Planner & Event Organizer
com-Party Planner (Foto: Thinkstock)
Saat ini, pasti kamu sering melihat acara-acara kecil yang didekorasi dengan sangat menarik. Nah, itu adalah hasil usaha dari party planner. Menjadi seorang party planner, berarti kamu selangkah lebih dekat untuk terjun dalam dunia event organizer. Nah buat kamu yang memang suka berkreasi, pekerjaan yang satu ini cocok banget untuk menjadi pilihannya.
ADVERTISEMENT
Buka Catering atau Kuliner Kekinian
com-Kuliner Kekinian (Foto: Thinkstock)
Buat kamu yang hobi masak, jangan cuma pendam bakat tersebut untuk diri sendiri dan juga keluarga. Dengan sedikit sentuhan dan ide-ide kreatif, kamu bisa menghasilkan uang dari hobi ini loh. Contohnya, dari pada mengikuti tren yang sudah ada, coba ciptakan kuliner khas-mu sendiri dan buatlah tren baru. Tapi ingat, cara pemasaran juga penting loh!
Jadi, apapun passion yang kamu miliki, taklukkan takutmu untuk mengembangkannya dan tidak lagi terjebak dalam rutinitas yang monoton. Lalu, #RaihSuksesmu dengan kerja tanpa ngantor!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86