kumparan
26 Mar 2018 12:19 WIB

Kerudung Voal, Kain Lembut yang Jadi Favorit Hijabers Indonesia

Kerudung Voal (Foto: Instagram @kamiidea)
Untuk kamu yang mengenakan hijab, hijab berbahan voal mungkin sudah tak asing lagi di telinga.
ADVERTISEMENT
Voal berasal dari bahasa Prancis, voile, yang memiliki arti kerudung. Di Indonesia, bahan voal dikenal sebagai kain bertekstur lembut dan tipis. Biasanya, voal terbuat dari material katun yang dikombinasikan dengan linen atau polyester.
Teksturnya yang nyaman membuat voal jadi bahan terfavorit yang jadi tren di kalangan hijabers Indonesia. “Menurut aku, kenapa voal (sedang) tren, salah satunya karena bahan voal ini nyaman sekali digunakan untuk sehari-hari,” papar Istafiana Candarini, salah satu pendiri lini busana Kami, kepada kumparanSTYLE (kumparan.com) beberapa waktu lalu.
Perempuan yang kerap disapa Irin ini pun menambahkan, bahwa sebenarnya voal terdiri dari berbagai jenis. “Struktur benangnya sedemikian rupa sehingga tekstur kain ini halus, namun serat benang tidak mudah terlepas, dan jika digunakan di area tropis memberikan rasa nyaman karena tidak panas,” papar Irin.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga dibenarkan oleh desainer hijab Dian Pelangi. Menurut Dian, bahan voal itu sangat mudah untuk dibentuk.
“Bahan voal itu enggak gampang lecek, misal kita bawa traveling terus enggak disetrika itu sudah bagus,” papar Dian, saat ditemui dalam acara Wardah Sinar Pijar di Plataran Patio, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
“(Bahan voal) ini adem, nggak menempel. Aku nggak suka pakai daleman, tapi kalau bahannya voal, itu oke (pakai inner hijab),” tutup wanita berusia 27 tahun ini.
Apa kamu merupakan salah satu wanita berhijab yang suka menggunakan kerudung voal?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan