kumparan
18 Jan 2018 9:05 WIB

Kesalahan saat Melakukan Push Up yang Jarang Diketahui Orang

Push up (Foto: THinkstock)
Tidak bisa dipungkiri melakukan push up memiliki banyak manfaat. Sejumlah studi elektrokardiogram (EKG) menunjukkan, push up sebagai salah satu latihan paling efisien untuk melatih ototmu.
ADVERTISEMENT
Tak memerlukan peralatan apapun, push up menjadi salah satu latihan yang sangat mudah karena hanya mengandalkan berat badan. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan di mana saja dan berguna untuk melatih kekuatan fisik.
Namun, meskipun masih dalam kategori olahraga yang terbilang mudah, ada beberapa kesalahan yang kadang dilakukan orang-orang saat melakukan push up.
Dilansir Womens Health Magazine, berikut kesalahan yang seringkali dilakukan saat push up:
1. Kamu Tidak Menggunakan Tangan
Tidak menggunakan tangan (Foto: THinkstock)
Saat push up jangan hanya meletakkan telapak tangan di tanah. Pastikan kamu melebarkan jari-jarimu. Pegang lantai dengan tangan dan secara bersamaan dorong telapak tanganmu ke bawah. Pastikan siku dan bisepmu harus diputar, sehingga menghadap ke depan.
2. Kamu Membiarkan Pinggulmu Melengkung
Membiarkan pinggul melengkung (Foto: Thinkstock)
Kesalahan lainnya adalah membiarkan pinggulmu terjatuh ke lantai. Bila ini terjadi, akan menyebabkan banyak tekanan di punggung bawahmu. Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, pastikan kamu menguatkan pinggul dengan bertahan pada satu posisi.
ADVERTISEMENT
3. Kamu Tidak Menggunakan Bahu
TIdak menggunakan bahu (Foto: Thinkstock)
Saat kamu menurunkan tubuh ke lantai, tulang belikatmu akan tertarik kembali. Saat mendorong badan, kamu harus membiarkan tulang belikatmu terangkat merenggang.
4. Kamu Terlalu Tinggi Mengangkat Kepala
Push up. (Foto: Thinkstock)
Menurunkan kepala terlalu rendah, lalu menaikannya kembali akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada leher dan dapat menyebabkan cedera. Untuk itu, tetap jaga kepala agar tetap konstan sampai bagian dada, lalu turunkan secara perlahan ke lantai.
Semoga bermanfaat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan