kumparan
4 Jul 2017 14:02 WIB

Lakukan Eksperimen, Vlogger asal Korea Ini Dirias ala Pengantin Sunda

Jisun, vlogger asal Korea Selatan (Foto: Instagram/harijisun)
Pernikahan di Indonesia yang kental dengan beragam adat dan budaya rupanya berpengaruh kepada baju adat dan riasan yang dikenakan oleh si pengantin. Pernikahan adat Jawa misalnya, terkenal dengan ciri khas paes atau lekukan hitam yang digambar di atas dahi dengan alis yang dirias dengan ujung bercabang menyerupai tanduk rusa. Berbeda dengan pernikahan adat Padang dengan ciri khas suntiang yang dikenakan di atas kepala pengantin wanita.
ADVERTISEMENT
Rupanya, keragaman inilah yang menginspirasi seorang wanita asal Korea Selatan bernama Moon Jisun untuk bereksperimen mencoba riasan ala pengantin Sunda. Jisun yang berprofesi sebagai seorang vlogger (video blogger) ini mengunggah pengalamannya dirias dengan adat Sunda pada akun YouTubenya. Jisun yang tinggal di Indonesia kerap melakukan eksperimen unik, seperti mencoba petai dan jengkol, makan di restoran padang, hingga mencoba jajanan SD seperti telur gulung.
Loading Instagram...
Alasannya untuk mencoba makeup pengantin Sunda adalah karena salah satu temannya mengatakan bahwa riasan pengantin Korea terlihat tipis dan natural. Tetapi menurutnya, riasan pengantin Korea sudah cukup tebal. Akhirnya, Jisun tertantang untuk dirias ala pengantin Sunda.
Pertama-tama, sang perias pengantin mengaplikasikan alas bedak yang warnanya setingkat lebih gelap dari warna kulit Jisun. Awalnya ia ragu apakah makeupnya akan terlihat kurang bagus padanya dan wajahnya justru terlihat mirip seperti hantu Jepang, Toshio.
ADVERTISEMENT
Jisun mirip hantu Jepang (Foto: Instagram/harijisun)
"Aku khawatir banget karena wajahku beda dengan orang Indonesia. Wanita Indonesia wajahnya besar, hidungnya mancung. Tapi aku matanya kecil, hidungnya kecil, mulutnya kecil, kalau aku di-makeup pengantin Indonesia pasti kaku," tuturnya pada perias yang mendandaninya dalam bahasa Indonesia yang lancar.
Shading terlalu tebal (Foto: Instagram/harijisun)
Selanjutnya, sang perias pengantin membuat wajahnya terlihat lebih berdimensi dengan menggunakan shading di tulang pipi. Jisun mengaku ia belum pernah melihat teknik shading wajah seperti itu karena di Korea tidak banyak orang yang melakukan shading pada wajahnya mengingat ciri khas makeup Korea adalah senatural mungkin.
Riasan alis tebal (Foto: Instagram/harijisun)
Hal yang membuatnya terkejut lagi saat alisnya dibentuk lebih panjang, tebal dan cukup tegas dengan warna hitam. Berbeda sekali dengan riasan alis khas Korea yang tipis, lurus, dan warnanya lebih terang seperti cokelat muda atau abu-abu.
ADVERTISEMENT
Makeup hampir selesai (Foto: Instagram/harijisun)
Rambut disasak dan disanggul (Foto: Instagram/harijisun)
Penggunaan blush on dengan warna pink muda, eyeshadow smokey eyes, bulu mata palsu serta lipstik pink muda membuat tampilannya terlihat berbeda. Namun semua itu tampak terlihat normal ketika rambutnya mulai ditata dan disanggul seperti pengantin Sunda pada umumnya lengkap dengan pemasangan siger dan tusukan kepala.
Setelah makeup selesai, Jisun terlihat antusias dengan baju pengantin adat Sunda yang dikenakannya. Ia tak ragu berjalan-jalan ke luar salon dan melakukan mini 'fashion show'.
Jisun tampil seperti pengantin Sunda (Foto: Instagram/harijisun)
Rasa kaget yang dialami Jisun saat dirias ala pengantin Sunda cukup masuk akal. Pasalnya, terkadang perias pengantin bisa melapisi wajah calon pengantin dengan dua hingga tiga lapis alas bedak demi terlihat flawless tanpa noda dan agar makeup lebih tahan lama.
ADVERTISEMENT
Jisun dan pakaian adat Sunda (Foto: Instagram/harijisun)
Selain itu, riasan contour dan shading, eyeshadow hingga lipstik yang dikenakan juga lebih menonjol hingga terkadang wajah pengantin Indonesia tampak berbeda dengan aslinya. Riasan pengantin Korea justru berbanding terbalik dengan Indonesia.
Loading Instagram...
Di sana, ciri khas makeup-nya lebih mengedepankan riasan natural dengan wajah yang mengkilap, alis yang digambar lurus mengikuti bentuk aslinya, penggunaan blush on yang tidak terlalu berlebihan, serta lipstik dengan warna natural seperti nude atau pink muda dengan efek glossy.
Bagaimana pendapatmu tentang makeup pengantin Sunda yang dikenakan Jisun? Bagi yang penasaran, tonton videonya di bawah ini:
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·