Pencarian populer

Manfaat Menaruh Tanaman di Meja Kerja Anda

Tanaman di meja kerja Foto: Dok. Shutterstock

Warna, interior ruangan, dan pencahayaan, memang menjadi aspek yang diketahui dapat berkontribusi langsung dalam perubahan 'mood' seseorang. Contohnya, penggunaan warna biru atau hijau di ruang rapat dapat menimbulkan perasaan nyaman dan tenang.

Namun, tak jarang kita tetap merasa stres meski dilengkapi dengan tatanan interior teratur, bahkan dengan warna yang pas. Pernahkah Anda merasakannya?

Menurut riset terbaru, menambah tanaman di sekitar ruang kerja, ternyata dapat mengurangi level stres pada pikiran Anda, juga menjauhkan Anda dari penyakit tertentu. Terutama, bagi seseorang yang bekerja di gedung tinggi. Alasannya, penyakit akan lebih mudah untuk tersebar karena sedikitnya ruang terbuka di sekitar kantor.

Tanaman di meja kerja. Foto: Dok. Unsplash

Dilansir Independent, meski seringkali dikaitkan dengan ventilasi udara yang buruk, kandungan kimia yang terdapat pada furnitur kantor juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Contohnya, kandungan-kandungan kimia seperti etil benzena, formaldehida, bensol, toluena, xilena, dan ammonia seringkali ditemukan dalam furnitur ruangan.

Para periset menjelaskan, masalah tersebut bisa dengan mudah diatasi dengan menambah tanaman-tanaman di area ruangan kantor Anda. Sehingga, bisa membantu untuk menjernihkan udara dari kimia yang beracun tersebut.

“Langkah terbaik untuk melawan sakit dan stres adalah dengan menampung banyak tumbuhan dalam ruangan kerja Anda,” jelas Eddie van Etten, dosen ekologi dari Cowan University, seperti dikutip The Conversation.

Tanaman hijau di ruang kerja. Foto: Thinkstock

Penemuan tentang kaitan tumbuhan dan stres juga didukung oleh penelitian dari NASA yang menjelaskan bahwa menyimpan beberapa tipe tanaman dalam rumah dapat menjauhkan Anda dari penyakit.

Tanaman-tanaman yang diketahui dapat menjernihkan udara adalah Palem Areca, lidah buaya, English Ivy, Boston Fern, Peace Lily, dan Palem Lady.

Mungkin sudah saatnya Anda membawa tanaman ke ruangan kantor atau meja kerja Anda.

Tanaman Foto: Unsplash
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: