kumparan
23 Mar 2018 11:02 WIB

Mengandung Logam Berat, Korsel Tarik 13 Produk Kosmetik di Hong Kong

Gerai Etude di Hong Kong (Foto: Twindly)
Korean Ministry of Food & Drug Safety menarik sejumlah besar produknya yang beredar di Hong Kong. Pasalnya, ditemukan 13 jenis alat makeup yang terkontaminasi antimon (Sb).
ADVERTISEMENT
Antimon sendiri merupakan unsur logam kimia yang dapat menyebabkan kanker.
Ada delapan merek kosmetik yang ditarik di Hong Kong. Antara lain Aritaum, XTM Style Homme, Black Monster, SKEDA, Makeheal, Etude House, 3CE, dan Skinfood.
Jenis produknya pun beragam. Ada Cherry Lip Pencil dari Skinfood, AC Clean-Up Mild Concealer (nomor serial: AAH) dan Drawing Eyebrow Duo No. 3 Gray Brown (nomor serial: GLG) dari Etude House, Eyebrow Pencil dari 3CE, dan masih banyak lagi.
Skinfood Cherry Lip Pencil ditarik di Hong Kong (Foto: Skin Food )
Pemerintah Korea memastikan bahwa produk yang terkontaminasi sudah ditarik tanpa sisa. Dan bagi konsumen yang terlanjur membeli produk yang tercantum di atas, bisa menukarkan atau mengembalikannya ke outlet dengan membawa struk.
Drawing Eyebrow Duo No. 3 ditarik di Hong Kong (Foto: Etude House )
"Konsumen yang sudah membeli produk tersebut bisa menukarkan dengan yang lain atau mengembalikannya dengan refund penuh," ujar juru bicara Korean Ministry of Food & Drug Safety, seperti dikutip dari The Standard.
ADVERTISEMENT
Dijelaskan, produk yang terkontaminasi logam berat ini sudah beredar sejak Januari 2018. Untuk memberi rasa aman kepada konsumen, Hong Kong Customs kembali melakukan pemeriksaan di seluruh gerai kosmetik Korea yang tersebar di Hong Kong.
Dan hasilnya?
Konsumen boleh kembali bernapas lega karena seluruhnya sudah teruji dan aman digunakan.
Carmen Lam Ka-man, seorang dermatologis asal Hong Kong, menjelaskan bahwa antimon yang digunakan secara terus menerus bisa menyebabkan dermatitis. Logam ini juga bisa mengganggu penglihatan, kerja hati, dan sistem pencernaan.
"Remaja perlu lebih berhati-hati dengan kosmetik karena kulitnya lebih tipis. Ibu hamil dan yang memiliki kulit sensitif juga harus lebih hati-hati," sambungnya.
Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, ia juga menyarankan untuk selalu mencoba produk sebelum membelinya. Juga pastikan hanya membeli kosmetik dari merek terpercaya dan sudah teruji keamanannya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan