Pencarian populer

Menjaga Tradisi Silaturahmi Lewat Musik

Radio, salah satu teknologi media massa. (Foto: Pixabay)

Ada masa ketika radio adalah salah satu media utama yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bukan hanya untuk mendengarkan musik, radio juga pernah menjadi media favorit masyarakat untuk mendengarkan berita, gosip terbaru dari dunia selebritis, atau bahkan bersilaturahmi dengan orang lain.

Silaturahmi? Ya, Anda tidak salah membaca. Lewat radio, orang memang juga bisa saling berkirim pesan dengan teman, sahabat, kekasih, atau keluarga. Pesan yang kita kirimkan biasanya akan dibacakan oleh penyiar radio, dan kita akan menunggunya sambil berharap orang yang kita kirimkan pesan akan mendengar pesan kita.

Selain pesan, pendengar radio biasanya juga akan meminta penyiar menyetel lagu tertentu untuk orang yang kita kirimkan pesan. Jika untuk orang terkasih, lagu cinta biasanya jadi pilihan utama, sementara untuk kawan sepermainan, lagu bertema pertemanan seperti Sahabat Sejati dari Sheila On 7 yang pada pergantian milenium ketiga lalu begitu populer bisa jadi pilihan. Atau bisa juga lagu-lagu yang punya makna khusus, atau favorit bersama, sebagai lagu yang dikirim untuk orang-orang tercinta.

Tanpa sadar, radio dan musik pun menjadi salah satu medium silaturahmi bagi mereka yang pernah mengalami masa-masa indah itu. Sayangnya, radio perlahan mulai ditinggalkan karena kehadiran teknologi internet dan media baru yang kian jadi andalan, sementara musik menjadi tak lebih dari hiburan biasa semata – ia tak lagi menjadi bagian dari pesan yang bisa kita kirimkan ke orang lain.

Spotify. (Foto: WDNetStudio via Pixabay)

Masa-masa indah radio sebagai medium silaturahmi pun telah berlalu. Tetapi, sementara itu, musik sebetulnya masih cukup powerful untuk menjadi medium pesan bagi kita. Kehadiran medium baru berupa aplikasi streaming musik seperti Spotify sebetulnya juga bisa kita gunakan untuk menjadi medium berkomunikasi untuk mereka yang pernah dekat dengan kita namun kini terpisah jarak tempat tinggal.

Lihat, misalnya, yang dilakukan Indomie. Lewat kampanye #BerbagiKehangatan yang diluncurkan pada periode Ramadhan ini, Indomie membuat playlist khusus di Indomie untuk dinikmati para penggemarnya dan bahkan menawarkan untuk membuatkan playlist khusus di Spotify untuk para Indomielovers.

Caranya pun mudah: Anda tinggal me-mention sahabat, kerabat, atau orang terkasih lain yang lama tak berjumpa lalu kisahkan cerita tentang hubungan Anda dan mereka di halaman Facebook Indomie, lalu Indomie akan membuatkan playlist khusus untuk Anda. Sudah cukup banyak yang mengikuti kampanye unik ini, dan dibuatkan playlist khusus oleh Indomie. Menarik, bukan?

Anda juga bisa langsung menceritakan kisah Anda dengan orang-orang tersayang di sini, mention akun Facebook mereka, dan tunggu sampai Anda mendapatkan playlist khusus dari Indomie. Selamat mencoba!

Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Indomie.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: