kumparan
26 Nov 2018 17:07 WIB

Meredith Koop, 10 Tahun Jadi Fashion Stylist Andalan Michelle Obama

Meredith Koop dan Michelle Obama (Foto: Dok, Meredith Koop)
Menjadi FLOTUS (First Lady of United States) selama delapan tahun, Michelle Obama selalu menuai komentar positif soal gaya busananya. Dalam kesehariannya, istri Barrack Obama ini tampil bersahaja dengan outfit yang simpel namun elegan. Gaun atau atasan tanpa lengan jadi signature outfit pemilik nama asli Michelle LaVaughn Robinson ini.
ADVERTISEMENT
Namun, Michelle tak seorang diri dalam memilih busana yang hendak dipakai. Ibu dua anak ini dibantu oleh Meredith Koop, seorang fashion stylist kepercayaannya sejak satu dekade lalu.
"Saya bertemu dengan Meredith ketika dia masih menjadi young sales associate sekitar 10 tahun lalu, dan sejak saat itu, saya merasa sangat terbantu oleh kehadirannya. Selama delapan tahun terakhir, dia sudah melalui perjalan panjang bersama kami. Dia menjadi teman sekaligus mentor yang baik untuk putri-putri kami," ujar Michelle kepada Town and Country Magazine.
Michelle Obama (Foto: Dok. Meredith Koop)
Diakui Meredith, tak mudah untuk mendandani seorang Michelle Obama selama delapan tahun terakhir. Ia harus peka dan benar-benar memahami selera Michelle.
Meredith harus selalu mampu memposisikan diri sebagai Michelle. Setiap hari, Meredith selalu bertanya kepada diri sendiri: busana apa yang akan dipilih Michelle hari ini?
ADVERTISEMENT
"Saya harus selalu mempertimbangkan semua aspek. Mengapa (pilihan busana) ini masuk akal, kenapa harus desainer tersebut, kenapa harus (memilih gaun dengan) siluet tertentu," cerita Meredith kepada New York Times.
"Lalu kami akan bertanya, 'Apakah kau menyukainya?', juga mempertimbangkan lokasi tujuan Michelle, ada berapa acara yang harus dihadiri, Michelle akan duduk di mana, apakah dia akan berdiri," sambungnya lagi.
Namun ketajaman insting dan kepiawaian Meredith dalam membentuk citra fashion seorang First Lady tak datang dalam semalam.
Kariernya bermula saat dirinya bekerja untuk Ikram Goldman, pemilik butik mode yang terletak di Chicago. Di sanalah ia pertama kali bertemu dengan Michelle Obama.
Bersama Goldman, Meredith belajar mengidentifikasi cara seorang First Lady harus berbusana dan merepresentasikan diri. Chemistry kuat antara Michelle dan Meredith pun terbangun.
ADVERTISEMENT
Meredith melakukan banyak perubahan terhadap gaya busana Michelle. Ia mengarahkan sang First Lady untuk selalu mengenakan busana karya desainer lokal juga brand-brand yang (harganya) terjangkau oleh rakyat Amerika, seperti J.Crew.
Ia tak mau mendandani Michelle Obama dengan busana yang berlebihan, terlalu mewah, dan tidak realistis. Baginya, seorang First Lady haruslah mampu bergaya sesuai situasi dan kondisi.
Meski kini Michelle tak lagi menjabat sebagai Ibu Negara Amerika Serikat, Meredith masih setia mendadani Michelle. Belum lama ini, Meredith baru saja mendandani Michelle Obama untuk cover majalah Elle edisi Desember 2018. Ia memilihkan gaun Dior dan sepatu Giavinto Rossi bernuansa monokrom yang tampak begitu serasi untuk Michelle.
Michelle Obama (Foto: Dok. Michelle Obama )
Michelle Obama (Foto: Dok. Michelle Obama )
Meredith pula yang menentukan outfit yang dikenakan Michelle pada cover buku terbarunya yang berjudul 'Becoming Michelle Obama'. Kali ini, Meredith ingin menampilkan jati diri Michelle Obama yang simpel dan bersahaja.
ADVERTISEMENT
"Sedikit sentuhan White House dengan tampilan bahu yang seksi, t-shirtnya sedikit turun. Sama sekali tak ada desainer terkenal, tak ada distraksi, hanya Michelle seorang diri, sangat dekat dan personal," tulis Meredith Koop di Instagram.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·