kumparan
24 Agu 2018 18:06 WIB

Panduan Ritual Skincare di Malam Hari yang Mudah Dilakukan

Rawat kulit dengan skincare (Foto: Dok. Thinkstock)
Malam hari merupakan waktu terbaik untuk menjaga kelembapan kulit setelah beraktivitas seharian. Persis layaknya manusia, kulit mulai lelah dan 'mengantuk' sekitar jam sembilan malam. Pada momen ini, kulit mampu menyerap nutrisi skincare dengan maksimal.
ADVERTISEMENT
"Hormon melatonin mulai meningkat beberapa jam sebelum tidur, meningkatkan rasa lelah sekaligus meningkatkan kemampuan kulit memperbaiki dirinya pada malam hari," jelas Kendra Flockhart, Education Executive Darphin, Estee Lauder Companies.
Oleh karena itu, sangat penting untuk rajin melakukan night skincare routine setiap malam. Sayangnya masih banyak perempuan kebingungan menentukan langkah rutinitas skincare malam harinya.
Untuk memudahkan Anda, kumparanSTYLE merangkum tips urutan night skincare routine dari dr Maria Charlotte, BMedSci.
Tak perlu ribet atau berbelit-belit. Karena pada dasarnya, night skincare routine terbagi dua, yaitu cleansing dan moisturizing. Berikut panduan night skincare routine yang bisa Anda lakukan:
1. Makeup remover
Minyak kelapa bersihkan makeup. (Foto: thinkstockphotos)
Apapun lanjutannya, membersihkan wajah selalu jadi langkah pertama yang harus dilakukan. Anda bisa menyingkirkan makeup, debu, kotoran, dan minyak yang menempel pada wajah menggunakan makeup remover. Pembersih makeup berbahan minyak akan lebih mudah mengangkat sisa makeup.
ADVERTISEMENT
2. Cleansing lotion
Selanjutnya, akah lebih baik jika dilanjutkan dengan cleansing lotion. Pijat lembut dengan gerakan memutar untuk mengangkat sisa sebum dengan maksimal. Setelahnya, lap bersih menggunakan tisu yang lembut.
3. Water-based cleanser
Anda bisa menyegarkan dan membersihkan sisa cleansing lotion yang ada di wajah menggunakan water based cleanser. Caranya, tuangkan micellar water pada kapas wajah dan usap perlahan pada wajah.
4. Facial wash
Hindari kesalahan mencuci muka. (Foto: Thinkstock)
Sebagai langkah final untuk membersihkan wajah, Anda perlu mencuci wajah menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kebutuhan atau tipe kulit.
5. Toner
Setelah wajah bersih maksimal, Anda perlu menghidrasi wajah menggunakan toner. Sekali lagi, pilih toner sesuai jenis kulit Anda.
6. Facial cream
Kandungan skincare (Foto: Dok. Thinkstock )
Penting untuk menghidrasi kulit wajah menggunakan pelembap atau moisturizer. Krim pelembap berguna untuk mengunci kadar air pada wajh dan mencegah kekeringan pada kulit.
ADVERTISEMENT
7. Acne cream
Khusus untuk Anda yang sedang berjerawat, bisa melanjutan night skincare routine menggunakan obat jerawat. Cukup totolkan atau lakukan layering tipis pada area kulit yang berjerawat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan