kumparan
29 Mar 2018 15:46 WIB

Payudara Anda Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi Payudara (Foto: Thinkstock)
Gatal, tak nyaman, dan situasi yang membuat Anda ingin terus menggaruk; pernahkah Anda merasakan semua ini pada area payudara?
ADVERTISEMENT
Memang, payudara yang gatal bisa sangat mengganggu. Terutama, saat tengah melakukan aktivitas, berada di tempat umum dan Anda harus menahan untuk menggaruknya. Hal tersebut tentu sangat menyebalkan.
Namun, apakah normal jika payudara terasa gatal?
“Perempuan biasanya merasa gatal di bagian puting atau bawah payudara. Terkadang bukan hanya gatal, namun sensasi terbakar,” jelas Gary Goldenberg, M.D., Assistant Professor of Dermatology, seperti dikutip SELF.
Yuk simak 5 penyebab payudara Anda bisa terasa gatal!
1. Eczema dan Psoriasis
Ilustrasi payudara (Foto: Thinkstock)
Eczema merupakan kondisi penyakit kronis yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan kemerah-merahan. Pada beberapa kasus hal tersebut bisa terjadi di bagian bawah payudara Anda.
“Jika bagian payudara berwarna kemerah-merahan dan gatal, eczema bisa menjadi penyebabnya,” jelas Jack Jacoub, M.D., Medical Oncologist dari Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Selain eczema, terdapat kondisi lain bernama psoriasis. Penyakit ini menyebabkan kulit payudara Anda kering dan berkerak, terkadang bahkan mengelupas.
2. Sabun, deterjen, jenis kain yang tidak cocok
Ilustrasi sabun (Foto: Pixabay)
Kulit payudara Anda bisa saja sensitif terhadap suatu hal dan menyebabkan gatal-gatal. Termasuk sabun, deterjen, atau kain sprei untuk Anda tidur.
“Bahkan, parfum pun bisa menjadi tersangka utama payudara Anda gatal jika terkena kontak secara langsung,” tambah Dr. Goldenberg.
3. Infeksi jamur
Ilustrasi Payudara (Foto: Thinkstock )
Secara umum, infeksi pada jamur seringkali terjadi pada vagina Anda. Namun, tak menutup kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh jamur ini terjadi di bagian bawah payudara Anda.
“Infeksi ini biasanya terjadi saat payudara Anda terlalu lembap yang menyebabkan jamur untuk berkembang. Maka pastikan untuk selalu menjaga payudara Anda lembap secukupnya dan bebas keringat,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
4. Anda belum mencuci bra
Ilustrasi bra (Foto: Thinstock)
Seberapa sering Anda mencuci bra? Memang, idealnya mencuci bra bisa dilakukan setelah 2-3 kali pakai. Namun, jika dirasa Anda berkeringat berlebihan, maka segera cuci bra tersebut.
Alasannya, agar kotoran tidak menumpuk, lalu menjadi sarang untuk bakteri berkembang yang menyebabkan payudara Anda gatal.
Jaga selalu kebersihan, ya!
5. Kasus yang paling langka, karena kanker
Ilustrasi kanker payudara. (Foto: Pexels)
Payudara gatal berlebihan juga bisa menjadi gejala terjadinya kanker payudara. Meski terbilang langka, menurut penjelasan Dennis Holmes, M.D., Ahli Bedah Kanker Payudara, biasanya gejala lainnya diiikuti dengan kulit yang mengelupas, rasa sakit berlebihan, dan sensasi panas.
Namun, tak perlu khawatir karena kondisi ini amatlah langka. Meski demikian, tak ada salahnya untuk segera periksakan ke dokter jika gatal di payudara Anda terkesan berlebihan.
ADVERTISEMENT
Semoga bermanfaat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan