kumparan
4 Apr 2018 7:23 WIB

Perut Kembung saat Menstruasi? Mungkin Ini Penyebabnya

Nyeri haid bisa berlangsung lebih dari tiga hari. (Foto: Thinkstock)
Bagi sebagian perempuan, momen ketika haid menyapa bisa menjadi ‘mimpi buruk’ yang harus mereka rasakan setiap bulan. Bagaimana tidak, nyeri menstruasi seringkali meninggalkan rasa sakit akibat kram yang menyiksa.
ADVERTISEMENT
Bahkan, pada beberapa kasus, saat menstruasi tiba, perut seolah menjadi kembung dipadati gas-gas di dalam lambung. Apakah Anda juga mengalaminya?
Dilansir Women’s Health, saat Anda berada dalam siklus menstruasi, hormon progesteron dan prostaglandin dapat membuat otot-otot halus pada usus Anda menjadi lebih atau kurang aktif, tergantung pada kondisi masing-masing.
Pada beberapa perempuan, kondisi ini dapat menyebabkan perut yang kembung. Jika ini terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan botol yang diisi air hangat. Lalu, tempatkan di bagian bawah perut Anda untuk meminimalisir kembung tersebut.
Wanita alami kram di sekitar perut saat haid. (Foto: Thinkstock)
Meski begitu, ada juga beberapa perempuan yang memiliki kondisi seperti retroverted uterus (rahim terbalik), yang menimbulkan masalah usus lebih sering terjadi. Alasannya, karena rahim ‘mendorong’ usus besar ke bawah. Menyebabkan menstruasi Anda menjadi sakit di bagian perut.
ADVERTISEMENT
Namun, jika kondisi sakit pada perut itu tak tertahankan yang menyebabkan Anda susah untuk makan dan beranjak dari posisi, kemungkinan Anda mengalami endometriosis, suatu kondisi adanya jaringan rahim (endometrium) yang berada di luar rahim.
Jika nyeri yang disebabkan oleh menstruasi membuat Anda merasa sangat tersiksa, maka segeralah temui dokter agar mendapatkan perawatan dan pencegahan yang baik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan