kumparan
24 Jun 2017 12:22 WIB

Pesona 7 Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi Obama dan Keluarga di Bali

Pantai di Bali (Foto: Wikimedia Commons)
Jika menyebut nama Bali, apa yang ada dipikiran kamu?
ADVERTISEMENT
Pulau yang indah nan eksotis? Tempat terbaik untuk surfing? Atau pulau dengan wisata alam nan mempesona?
Eksotisme dan keindahan Pulau Dewata ini memang sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan reputasinya yang sudah mendunia, Bali kerap dijadikan sebagai lokasi syuting serta tempat berlibur para selebriti hingga tokoh dunia.
Tengok saja bagaimana beberapa waktu lalu rombongan Raja Salman dan delegasi Arab Saudi menghabiskan waktu sembilan hari menikmati keindahan Bali. Dan kemarin, giliran mantan Presiden Amerika, Barack Obama, yang memilih Pulau Bali sebagai tempat berlibur bersama sang istri Michelle Obama serta kedua putrinya, Malia dan Natasha Obama.
Obama sendiri telah sampai di Indonesia kemarin sore dengan membawa rombongan sebanyak 14 orang. Selama lima hari di Bali, ia akan menginap di Four Season Hotel, Ubud. Selain itu, Obama juga diagendakan akan mengunjungi tujuh tempat wisata terkenal di Bali. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Istana Tampaksiring
Loading Instagram...
Tahukah kamu jika Istana Tampak Siring merupakan Istana Kepresidenan?
Bila dibandingkan dengan istana-istana kepresidenan yang berada di tengah kota yang sibuk dan ramai di Pulau Jawa, Istana Tampaksiring tampak istimewa. Berada terpencil sendiri di Pulau Bali, istana ini seakan-akan mengawasi seluruh kedamaian lanskap pulau itu.
Istana yang berada di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar itu juga terasa istimewa karena dibangun pada masa kemerdekaan. Di Istana Tampaksiring kamu bisa menikmati matahari yang terbit dari belakang Gunung Agung, Pura Tirta Empul dengan kolam pemandiannya, hamparan teras sawah nan cantik, hingga suara sayup-sayup tabuhan gamelan yang dibawa desir angin.
2. Pura Tirta Empul
Loading Instagram...
Berada di dalam lingkungan istana, Tampaksiring lebih dikenal kalangan wisatawan sebagai pura yang bernama Tirta Empul. Di Pura Tirta Empul terdapat mata air yang digunakan oleh masyarakat pemeluk Agama Hindu untuk pemandian dan memohon tirta suci.
ADVERTISEMENT
Kompleks bangunan suci Pura Tirta Empul terdiri dari tiga bagian, yaitu 'Nista Mandala' atau bagian paling luar, 'Madya Mandala' atau bagian tengah kompleks pura, dan 'Utama Mandala' atau bagian utama. Di bagian tengah kompleks pertirtaan di Pura Tirta Empul inilah terdapat dua buah kolam air berbentuk persegi panjang yang dilengkapi dengan pancuran air berbentuk cangkang keong sebanyak 30 buah.
Tak hanya umat Hindu Bali dan masyarakat lokal saja yang melukat (ritual pembersihan diri menggunakan sumber air suci) di kolam ini, pengunjung dan masyarakat umum juga diperbolehkan ikut melakukan prosesi melukat di sini. Adapun syarat yang harus kamu taati yaitu menggunakan kamen atau semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikeakan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura.
ADVERTISEMENT
3. Nusa Dua
Loading Instagram...
Nusa dua menjadi salah satu tempat paling hits yang banyak dikunjungi oleh wisatawan selama di Bali. Nusa Dua dikenal akan kebersihan pantai, laut dangkal, dan resort mewah yang sangat cocok untuk tempat liburan keluarga serta anak-anak.
Di sini, kamu bisa mengunjungi Pantai Samuh, Pantai Mengiat, Pantai Geger, Pantai Sawangan yang terkenal dengan keindahan pasir putih dan lautnya yang tenang. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai olahraga air seperti banana boat di Pantai Tanjung Benoa yang indah.
4. Pantai Pandawa
Loading Instagram...
Pantai Pandawa dikenal sebagai pantai yang menawarkan sejuta keindahan dengan suasana yang cukup tenang. Meskipun pantai ini tidak seramai Pantai Kuta, namun pengunjung yang berwisata ke sini cukup banyak dan termasuk salah satu pantai terpopuler di Bali.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa menikmati sunrise cantik yang terbit dari arah timur. Di sini juga terdapat tempat untuk budidaya rumput laut. Dan jika lelah, ada banyak tukang pijat yang siap menawarkan jasanya untuk menghilangkan rasa pegal kamu.
5. Uluwatu
Loading Instagram...
Pura Uluwatu Bali memiliki status sebagai Pura Sad kahyangan jagat atau penyangga poros mata angin Pulau Bali. Lokasi pura terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Karena lokasi pura yang berada di atas tebing batu karang, maka pura ini diberi nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sansakerta berarti puncak batu karang.
Wisatawan yang berwisata ke Pura Luhur Uluwatu akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra Hindia, dengan ombak yang menghantam kaki tebing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam tanpa adanya halangan yang menghalangi pemandangan sunset.
ADVERTISEMENT
6. Bedugul
Loading Instagram...
"Tidak akan sah mengunjungi Bali, jika kamu tidak mengunjungi Bedugul". Begitulah kira-kira ungkapan orang-orang yang telah mengunjungi Pulau Dewata ini untuk belibur.
Dari sekian banyak objek wisata menarik di Pulau Bali, Bedugul masuk dalam kategori tempat wisata terkenal di Bali. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Pura yang berada di tengah danau sambil menikmati udara sejuk daerah pegunungan. Selain itu, terdapat pemandangan warna-warni bunga, pepohonan cemara yang rindang, hijaunya rerumputan yang bisa kamu nikmati di sana.
7. Pura Tanah Lot
Loading Instagram...
Pura Tanah Lot merupakan ikon pariwisata Pulau Bali. Sama seperti Uluwatu, Tanah Lot juga menjadi salah satu objek wisata terkenal yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali. Saking terkenalnya, objek wisata Tanah Lot selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.
ADVERTISEMENT
Pura dibangun pada dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar, dan satunya lagi terletak di atas tebing yang menjorok ke laut mirip dengan Pura Uluwatu. Di sini kamu juga bisa menikmati hamparan laut sambil ditemani pemandangan sunset yang sangat indah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan