Pencarian populer

Restoran di Jepang Sajikan Sushi Rasa Tuna yang Terbuat dari Tomat

'Sushi' Ahimi (Foto: Dok. Ocean Hugger Foods)

Sushi yang berasal dari Negeri Sakura ini merupakan salah satu makanan yang paling digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di belahan dunia. Hidangan ini juga dianggap kaya akan nutrisi, karena umumnya sushi terbuat dari ikan tuna dan salmon yang tinggi akan omega-3.

Meski lezat dan menyehatkan, namun nyatanya ada kabar duka dari perairan laut lepas. Fakta terbaru menunjukkan bahwa populasi ikan tuna semakin berkurang.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Nature, 90 persen ikan predator seperti tuna telah hilang dari habitatnya. Sehingga hal ini menimbulkan kecemasan bagi para nelayan dan ahli pembuat sushi, yang takut pada musnahnya populasi ikan tuna.

Merasa peduli pada kondisi ini, seorang chef asal Amerika menciptakan sebuah inovasi sushi terbaru dengan tidak menggunakan daging ikan, baik tuna ataupun salmon.

Mungkin tak terbayang olehmu bagaimana hidangan nigiri yang jelas menggunakan irisan daging ikan tuna dibuat tanpa menggunakan bahan utama itu. Tanpa harus ikut 'membunuh' populasi ikan tuna, chef James Corwell tetap bisa menghadirkan sajian nigiri atau sushi ikan tuna yang mirip seperti aslinya.

Ahimi di atas nasi. (Foto: Dok. Ocean Hugger Foods)

Adalah Ahimi, sushi yang diciptakan oleh chef yang sudah berkecimpung di industri kuliner selama 30 tahun lamanya. Jika dilihat sekilas, memang tak ada bedanya antara ahimi dengan nigiri pada umumnya, karena tekstur serta warnanya sama persis.

Lantas, dimanakah letak perbedaannya? 

Ahimi merupakan substitusi sushi nigiri yang terbuat dari tomat segar dan beberapa bahan lainnya. Dengan teknik pengolahan yang canggih, chef Corwell berhasil menyulap tomat menjadi sebuah sajian 'sushi' yang menggugah. 

Dilansir Metro, meski berbahan dasar tomat, namun Corwell yakin jika konsumen akan terkecoh dengan rasa dan teksturnya saat mencicipi ahimi. Karena sushi ini diolah dengan rasa gurih layaknya rasa ikan tuna.

Ahimi pada beberapa hidangan. (Foto: Dok. Ocean Hugger Foods)

Jika ditelusuri, tomat memang mengandung asam glutamat yang merupakan MSG (monosodium glutamat) alami juga ditemukan juga di beberapa pangan lainnya. Kandungan asam glutamat inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Corwell dalam memberikan rasa gurih ahimi. 

'Sushi' ahimi yang saat ini masih gencar diperkenalkan oleh Corwell melalui situs Ocean Hugger Foods miliknya, telah mendapatkan pelanggan yang siap menjajakannya dalam waktu dekat. Tepatnya pada tanggal 1 November mendatang, Whole Foods, supermarket asal Texas, Amerika, mulai menyalurkan ahimi di berbagai cabang yang tersebar di kota New York dan Los Angeles. 

Dan diharapkan kedepannya, ahimi juga bisa dipertimbangkan untuk disajikan oleh restoran sushi lainnya yang ada di dunia, termasuk di negara asalnya, Jepang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61