Pencarian populer

Rutinitas Kecantikan Agni Pratistha yang Ramah Lingkungan

Agni Pratistha Foto: Avissa Harness/kumparan

Beberapa tahun belakangan ini, isu-isu soal kerusakan lingkungan mulai menjadi sorotan. Banyak orang berlomba-lomba melakukan kampanye dan mengubah gaya hidup mereka agar lebih ramah lingkungan. Karena pada dasarnya, sebagai manusia kita memiliki kendali penuh atas apa yang dikonsumsi dan digunakan untuk hidup sehari-hari.

Salah satu orang yang berusaha mengubah gaya hidupnya menjadi lebih eco-friendly adalah Agni Pratistha.

Mantan Puteri Indonesia tahun 2007 ini sudah mulai menjalani gaya hidup zero waste kurang lebih sejak tahun 2015.

"Semua bermula ketika saya punya anak. Saya jadi memperhatikan apa saja yang dikomsumsi dan dipakai oleh anak saya. Mana yang aman dan mana yang tidak,” cerita Agni saat ditemui kumparan di acara ulang tahun ke-60 Yves Rocher, Jumat (5/4)

Dari situ ia berusaha untuk berkomitmen menjalani gaya hidup berkesinambungan. Agni pun mulai dari hal yang paling sederhana. Seperti membawa gelas sendiri saat membeli kopi, meminimalisir penggunaan plastik, hingga mengganti kapas yang ia gunakan untuk melakukan rutinitas kecantikan dan memakai pembalut kain.

Loading Instagram...

"Awalnya saya pakai kain handuk. Tapi di wajah jadinya kering. Lalu saya coba pakai kain flanel. Dan ternyata paling cocok dengan saya. Lebih lembut di wajah. Saya juga memakainya untuk pengganti tisu basah," ungkap Agni.

Tak hanya itu, untuk perawatan wajah Agni pun memilih produk yang sangat ramah lingkungan seperti Yves Rocher.

"Karena saya tidak pakai kapas, jadi saya suka sekali ketika Yves Rocher mengeluarkan oil pembersih wajah. Tidak perlu dibersihkan dengan kapas. Cukup dioles ke wajah dan dibilas dengan air. Bahannya pun aman untuk diserap tanah," ungkap Agni.

Loading Instagram...

Meski begitu, Agni mengaku masih belum bisa sepenuhnya berkomitmen untuk menjalani gaya hidup zero waste. Dan cukup banyak tantangan yang harus ia hadapi.

"Ini bukan suatu hal yang mudah. Ibu mertua saya bahkan bilang agar saya pakai saja yang praktis, apalagi untuk anak-anak. Karena kalau zero waste begini kan susah dan ribet. Tapi saya tidak menyerah dan memberi pengertian padanya bahwa ini demi kebaikan kita," tambahnya.

Agni terus berusaha untuk mempengaruhi orang-orang terdekatnya dan masyarakat luas melalui media sosial agar mereka bisa memahami betapa pentingnya cara kita memilih produk yang dipakai dan dikonsumsi sehari-hari. Ia percaya bahwa kita semua memiliki peran besar untuk bisa menjaga bumi ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57