Pencarian populer

Sambut Hari Batik Nasional, YBI Gelar Pesta Batik Indonesia

Konferensi Pers Pesta Batik Indonesia (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Delapan tahun berlalu sudah, sejak batik ditetapkan sebagai warisan Budaya Tak-Benda warisan Manusia (Presentative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO. Tak lama berselang, pemerintah Indonesia pun resmi mendedikasikan satu hari khusus untuk memperingati hari bersejarah ini.
ADVERTISEMENT
2 Oktober pun dipilih sebagai Hari Batik Nasional berdasarkan Keputusan Presiden nomor 33 tahun 2009. Ini berarti, kita semua akan merayakan Hari Batik Nasional dalam waktu kurang dari dua minggu lagi.
Untuk memperingati Hari Batik Nasional yang ke-8 inilah, Yayasan Batik Indonesia (YBI) menyelenggarakan sebuah acara bertajuk Pesta Batik Indonesia.
Bekerjasama dengan Galeries Lafayette yang berlokasi di Mal Pacific Place Jakarta, YBI akan menggelar pameran batik selama satu bulan penuh di tempat ini. Pameran batik ini sendiri diramaikan oleh belasan desainer batik Indonesia.
Koleksi batik di Pop Up Store Galeries Lafayette. (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Seperti Danar Hadi, Parang Kencana, [bi], Jarit, Batik Tembayat, Batik Paring, Galeri Batik Jawa, Batik Pesisir, Sweet Batik, Batik Afif, Di Khatulistiwa, Batik Paring, dan Tayada. Seluruhnya berlomba-lomba dalam memamerkan koleksi batik yang modern, tanpa meninggalkan ciri khas batik itu sendiri.
ADVERTISEMENT
"Saya berharap event seperti ini akan menjadi acara tahunan yang akan mendongkrak popularitas batik," ujar Gita Pratama, Ketua Hari Batik Nasional 2017, saat ditemui kumparan (kumparan.com) pada Konferensi Pers Peringatan Hari Batik Nasional 2017, Pacifif Place, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/9).
Rangkaian acara Pesta Batik 2017 ini resmi dibuka dengan apik oleh fashion show batik di Galeries Lafayette, lantai dasar Pacific Place. Peragaan busana ini mempertontonkan koleksi batik dari empat desainer Tanah Air. Yaitu [bi] Batik, Danar Hadi, Parang Kencana, dan Galeri Batik Jawa.
Pada 30 September mendatang, kamu bisa menyaksikan beragam kegiatan yang dilangsungkan di Galeries Lafayette. Mulai dari peragaan busana batik, workshop membuat batik, hingga belajar membuat kue bersama Dapur Cokelat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Pesta Batik Indonesia juga akan menggelar pagelaran busana di Kementrian Perindustrian pada 26 hingga 29 September 2017 mendatang. Dan sebagai puncak acara, YBI akan menyelenggarakan Parade Batik Nusantara di Car Free Day, tepat 1 Oktober 2017.
Arak-arakan parade apik ini akan dimulai oleh barisan IWAPI atau Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia. Semuanya berawal dari Sahid Jaya Hotel pada pukul enam pagi, dengan rute menuju Hotel Indonesia.
Tak hanya menampilkan aneka busana anggun yang terbuat dari batik, parade ini juga akan dimeriahkan dengan barisan Ondel-Ondel, enggrang, gerobak hias dan gunungan. Seluruhnya asli Indonesia!
Koleksi batik di Pop Up Store Galeries Lafayette. (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Dan yang tak kalah memukau, YBI juga akan menggelar fashion show secara vertikal!
Para model akan berjalan turun dari atas Gedung Sarinah nan legendaris, dengan ketinggian sekitar 80 meter. Sungguh unik.
ADVERTISEMENT
Namun kamu tak perlu khawatir, karena para model yang akan memeragakan busana ini seluruhnya berasal dari komunitas pemanjat tebing dan Mapala UI. Mereka akan berjalan di atas hamparan kain batik sebagai pengganti karpet runway. Busana yang nantinya akan diperagakan merupakan kreasi apik dari Obin dan Esmod.
Tertarik untuk menyaksikannya? Yang perlu kamu lakukan hanyalah datang dan bergabung dalam kemeriahan Parade Batik Nusantara di CFD Jakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80