Pencarian populer

Saus Tomat hingga Bir, Bahan Sederhana untuk Membersihkan Perhiasan

Ilustrasi Perhiasan Emas (Foto: Pixabay)

Jika kamu memiliki beberapa perhiasan yang telah disimpan lama, tentu beberapa di antaranya akan berubah warna menjadi kusam atau bernoda. Alih-alih membawanya ke toko perhiasan atau membeli sebotol pembersih perhiasan, kebanyakan orang biasanya hanya akan membiarkannya tersimpan di dalam kotak dan jarang dipakai.

Namun, kini kamu tak perlu repot lagi untuk selalu ke toko perhiasan, tiap kali perhiasanmu perlu dibersihkan. Cukup buka lemari dapur dan temukan berbagai bahan yang dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan noda perhiasan. Karena ada banyak cara mudah dan terjangkau untuk memoles perhiasanmu di rumah sehingga tampak baru kembali.

Bagaimana caranya? Berikut lima cara sederhana membersihkan perhiasan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan dapur, seperti dilansir Huffington Post:

1. Baking Soda, Air dan Aluminium Foil

Ilustrasi baking soda. (Foto: Thinkstock)

Merendam perhiasan perak dengan campuran baking soda dan air panas dalam mangkuk alumunium foil, merupakan cara terbaik untuk menghilangkan noda. Noda di perhiasan perak nantinya akan berpindah ke air panas, dan menyebabkan warna air akan berubah menjadi keruh karena terjadinya pertukaran ion. Selesai merendam, pastikan gunakan kain lembut dan tidak berserabut untuk menghilangkan noda berlebih.

2. Sabun Cuci Piring, Garam, Baking Soda dan Air

Garam (Foto: Pixabay)

Mirip dengan cara sebelumnya, kamu cukup menambahkan sabun dan garam. Setelah direndam, sikat perhiasan dengan menggunakan sikat gigi berbulu ultrasoft atau kain lembut.

Cara ini bisa diaplikasikan pada perhiasan berbagan dasar batu dan logam keras, seperti berlian serta platinum. Namun, cara ini harus dihindari untuk membersihkan logam yang lebih lembut, seperti perak, emas, permata, dan opal.

3. Bir

Ilustrasi bir. (Foto: Thinkstock)

Penggunaan bir menjadi opsi yang bagus untuk membersihkan perhiasan berbahan dasar emas. Namun tidak bekerja maksimal untuk perhiasan berbahan perak.

Cukup celupkan kain tidak berserabut ke dalam bir dan gosokkan ke permukaan perhiasan. Dan voila perhiasanmu bersih bersinar seketika.

4. Pasta Gigi

Ilustrasi pasta gigi. (Foto: Thinkstock)

Untuk perhiasan yang bukan berbahan dasar emas atau perak, cobalah menggunakan pasta gigi untuk memolesnya agar tetap terlihat mengkilap. Pasta gigi juga bisa digunakan pada batu permata kristalin. Penggunaan pasta gigi pada perhiasan berbahan dasar perak sebaiknya hindari, karena potensi meninggalkan bekas goresan cukup besar.

5. Saus Tomat

Saus Tomat (Foto: Dok. Thinkstock)

Tidak hanya berguna sebagai pelengkap ketika makan hot dog, saus tomat juga cukup bagus untuk membersihkan noda pada perhiasan berbahan dasar perak, kuningan dan tembaga.

Bagaimana? Mudah bukan menemukan bahan-bahan ini di rumah?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: