Pencarian populer

Sunburn Lebih dari 5 Kali Tingkatkan Risiko Kanker Kulit hingga 80%

Sunscreen (Foto: Thinkstock)

Tahukah Anda bahwa manusia hanya punya jatah sunburn sebanyak lima kali dalam hidupnya? Lebih dari itu akan meningkatkan risiko kanker kulit atau melanoma hingga 80 persen.

Hasil studi ini dipublikasikan oleh American Association for Cancer Research (AACR) dan Brigham and Women’s Hospital & Harvard Medical School.

Peneliti melakukan riset terhadap 11 ribu perempuan usia 25-42 tahun yang kulitnya pernah terbakar matahari lebih dari lima kali. Dan hasilnya?

Risiko melanoma pada kelompok ini 80 persen lebih tinggi ketimbang perempuan yang tak pernah mengalami sunburn.

Radiasi sinar UV yang terlalu tinggi akan merusak DNA yang ada pada lapisan sel kulit. Rusaknya DNA berpotensi memicu pertumbuhan tak terkendali pada sel kulit, yang bisa berujung pada melanoma.

Hasil penelitian ini turut dibenarkan oleh dr. Maria Charlotte, BMedSci.

Kenali dua jenis tabir surya. (Foto: Thinkstockphotos.com)

"Memang kita cuma punya jatah lima kali sunburn dalam hidup. Kalau lebih bisa meningkatkan risiko kanker kulit, memicu terjadinya hiperpigmentasi juga," ujarnya kepada kumparanSTYLE beberapa waktu lalu.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, sang dermatologis mewajibkan Anda untuk menggunakan sunscreen atau SPF setiap hari. Hal ini berlaku untuk semua orang, termasuk Anda yang jarang beraktivitas di luar ruangan sekalipun.

Tingginya kadar SPF bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas Anda.

Untuk Anda bekerja di dalam ruangan setiap hari, SPF 15-30 saja sudah cukup untuk melindungi kulit. Sedangkan untuk Anda yang banyak beraktivitas outdoor, bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 50.

Hindari paparan sinar matahari. (Foto: Thinkstock)

Jika sedang berlibur ke pantai, usahakan untuk melindungi kulit dengan pakaian yang aman dan nyaman. Anda bisa meminimalisir paparan sinar matahari dengan menggunakan syal, outer lengan panjang, kacamata hitam, dan topi pantai yang lebar.

Ini penting untuk mengurangi risiko kanker kulit, hiperpigmentasi, dan penuaan dini.

"Jangan lupa sunscreen harus diulang setiap tiga jam sekali. Mungkin terkesan ribet, tapi memang hanya ini cara yang bisa kita lakukan sampai saat ini," tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31